10 Rekomendasi Wisata Halal di Perth, Australia. Worth it Banget!

0
30
Wisata Halal Australia Perth

Hai travelmen! Jumpa lagi bersama kokosten. Siapa sih yang gak kenal negeri yang punya binatang ikonik yaitu si kanguru? Yap! Australia. Kali ini kokosten akan membahas mengenai Australia tepatnya yang ada di bagian barat yaitu Perth. Beberapa dari travelmen pernah tanya langsung ke aku karena pengen banget kesini tapi masih bingung. Biasanya bingung cari rekomendasi wisata yang keren, kuliner yang halal, maupun tempat ibadah bagi teman-teman Muslim. Penasaran? Yuk simak pembahasannya..

Pesawat kami pun mendarat di Bandara Perth, Australia Barat. Dengan disambut hujan rintik-tintik, semua penumpang menuruni pesawat dan berpindah ke bagian dalam bandara. Atmosfer dan udara Perth terasa beda dan unik. Tak bisa digambarkan, aku yakin memang setiap tempat punya keunikan udaranya masing-masing. Aku bersama ketujuh temanku kali ini pergi ke Perth untuk mengikuti kelas akademi Bahasa Inggris dari sister school kami.

Sampai masuk di ruang tunggu bandara pun, aku masih gak percaya bisa sampai Australia. Maklum ini pertama kalinya aku keluar negeri apalagi bersama teman-temanku dari latar belakang yang beragam. Perjalanan 4 jam di ini sekaligus menjadi perjalanan udara terlamaku.

“Sten, kami cari Musala dulu ya”, kata guruku yang mengawal rombongan.

“Baik Pak, silakan..”, jawabku dengan mengumpulkan barang-barang bawaan agar mudah dalam jangkauan kami yang menunggu.

Setelah mencari informasi di pusat bantuan, akhirnya rombonganpun mendapatkan informasi mengenai lokasi musala yang dimaksud. Fasilitas ibadah ini dekat dengan area kedatangan dan berada di lantai dasar (ground floor) di terminal 1 Bandara Internasional Perth. Namanya adalah “Prayer Room” atau juga dikenal dengan “Quiet Room”. Area ini mempunyai gambar orang berdoa yang dimaksudkan bahwa dapat digunakan untuk kontemplasi dan berdoa untuk semua agama. Bandara Internasional Perth ini memang terkenal dengan fasilitasnya yang sangat lengkap, termasuk memfasilitasi semua umat beragama untuk menunaikan kewajibannya.

Setelah selesai, rombongan pun dijemput oleh petugas sister school yang menjadi tujuan kami. Oh ya, buat kalian yang mau keluar area bandara bisa juga menggunakan moda transportasi bus atau taksi menuju Perth Central Business District atau Perth City. Akses transportasi di Perth ini sangat mudah dan nyaman. Keamanan juga menjadi hal yang diutamakan di negeri kanguru ini.

Selama mengemban pendidikan disana, kami juga mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata. Destinasi wisata di Perth ini menakjubkan dan menjadi salah satu area yang ramah terhadap setiap wisatawannya, termasuk umat Muslim. Bahkan dari pemerintah dan komunitas disanapun juga telah membuat Western Australia Muslim Travel Guide yang dapat membantu kalian menemukan ide jalan-jalan, rekomendasi, lokasi tempat ibadah, hingga data Muslim Community Services. Keren banget kan?

Nah, berdasarkan pengalaman disanalah aku juga pengen berbagi informasi kepada travelmen semua supaya bisa mengeksplor wisata Australia Barat tepatnya Perth dengan maksimal. Berikut adalah sepuluh tempat rekomendasi wisata halal di Perth ala kokosten:

1. Caversham Wildlife Park

Caversham wildlife park adalah lokasi wisata edukasi yang bertempat di taman margasatwa. Banyak hewan yang berada di taman ini dan mendapatkan perhatian khusus dari petugasnya. Saat kesana, aku ngeliat kalau taman ini punya tingkat kebersihan dan perawatan yang baik untuk hewan disana. Pastinya ketika berkunjung kesana, kita juga akan bertemu dengan kanguru, tasmania, possum, koala, walabi, dan wombat. Selain itu juga ada klasifikasi lainnya seperti burung, mamalia, marsupial, dan reptil.

Pertunjukan ikonik dari beberapa hewan pun juga siap menghibur kita saat berkunjung. Setiap harinya ada atraksi dari wombat, jumpa dengan koala, memberi makan kanguru dan burung pinguin secara langsung, bahkan pertunjukan yang berhubungan dengan hewan ternak. Hal yang paling berkesan buatku ketika bisa memberi makan kanguru secara langsung karena biasanya hanya lihat di gambar ataupun televisi saja. Kalau yang paling keren dan mengedukasi ketika atraksi mencukur bulu domba dan menonton anjing-anjing menggiring domba agar menuju tempat tertentu. Jadi jangan buru-buru beranjak dari lokasi ini ya. Pokoknya dijamin puas deh!

Caversham Wildlife park Perth cukur bulu domba
Melihat proses cukur bulu domba

Caversham Wildlife park Perth koala

Dengan pelayanan dengan kualitas yang memuaskan, Caversham Wildlife Park ini telah mendapatkan Certificate of Execellence mulai dari tahun 2012 hingga 2019 ini secara berturut-turut oleh Trip Advisor. Harus banget deh kesini ^^v

Jam Buka:

  • Senin-Minggu (Pukul 09:00 – 17:30 waktu setempat)
  • Hari Natal libur

Harga Tiket:

  • Dewasa $30.00
  • Anak-anak $14.00 (umur 3 tahun sampai 14 tahun)
  • Pelajar $23.00 (harus bawa Western Australian in-date Student Card)
  • Pensioner $23.00 (harus bawa Western Australian in-date Aged Pension Card atau Seniors Card)

Website: https://www.cavershamwildlife.com.au/

2. Western Australian Maritime Museum

Untuk menuju ke kawasan Fremantle, kita perlu untuk naik kereta dari pusat kota menuju ke Fremantle. Museum ini sejatinya adalah museum kemaritiman Australia. Terletak di Fremantle yang dekat dengan perairan sehingga ikon museum ini digambarkan dengan jelas. Museum ini cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak dalam hal edukasi. Terdapat sisi yang menceritakan sejarah maritim Australia saat perang dunia. Juga di sisi lain terdapat replika Yacht Australia yang memenangkan Americas Cup. Tau gak yang bikin deg degan? Kita bisa mengunjungi secara kapal selam karena disini tempatnya kapal selam kelas HMAS Ovens; Oberon, Jon Sanders ‘ Parry Endeavour, dan banyak kapal keren lainnya. Tentunya perlu reservasi terlebih dahulu untuk memastikan jadwal yang tepat mengikuti tur. Worth it pokoknya!

WA Maritime Museum (2)

WA Maritime Museum kapal selam WA Maritime Museum

Lokasi ini dekat dengan pelabuhan dan juga tempat makan. Cocok buat kalian yang mau menikmati senja ditemani dengan Fish n Chips. Yummy!!

Jam Buka: Senin-Minggu (09:30-17:00 waktu setempat)

Harga Tiket:

  • Dewasa ($15.00)
  • Anak-anak 0-4 tahun (Gratis)
  • Anak-anak 5-15 tahun (Gratis)
  • Concession ($7.50)
  • Keluarga (2 dewasa + 2 anak) $30.00
  • Carer (Gratis)

Website: http://museum.wa.gov.au/museums/maritime

3. Perth Mint

Perth mint frontside
Bagian depan bangunan Perth Mint (Sumber : https://www.flickr.com/photos/offchurch-tam/3412320691)

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, Perth Mint memberikan kesan elegan bagi pada pengunjungnya. Siapa sangka? Tempat ini adalah tempat yang bagus untuk belajar asal-usul emas. Perth Mint juga menjual emas yang dibuat disana secara langsung dan resmi. Ketika masuk areanya, kita akan ditampilkan sejarah penemuan emas di Australia Barat, peleburan emas secara langsung, pameran benda emas yang berhasil dibuat, hingga koin emas terbesar di dunia. Menakjubkan!

Perth Mint

Jam Buka:

  1. Senin-Minggu (Pukul 09:00 – 17:00 waktu setempat)
  2. Tutup saat tahun baru, Anzac Day, Good Friday, hari Natal & Boxing Day

Harga Tiket:

  1. Anak-anak ($8.00)
  2. Concession Australian Card Holder ($17.00)
  3. Dewasa ($19.00)

Website: https://www.perthmint.com/

4. Swan Bell

Pastikan kalian mengunjungi Swan Bell ketika berkunjung ke Perth. Lokasi ini sebenarnya adalah menara yang ikonik. Kok bisa? Bangunan yang terdiri dari 6 lantai ini mempunyai banyak koleksi bel dan mempunyai jadwal khusus untuk membunyikan belnya. Belnya bukan sembarangan loh, karena ada Great Anzac Bell yang ukurannya super duper gede banget yaitu seberat 6.5 ton! Lokasi ini juga menyediakan tur khusus sehingga kita akan mendapatkan informasi dan sejarahnya. Waktu yang tepat mengunjungi Swan Bell adalah ketika sebelum proses bel dibunyikan, agar kita bisa melihat proses bel ini berbunyi dan terkait satu sama lain.

Swan Bell Perth

Jam Buka: Senin-Minggu (Pukul 10:00-16:00 waktu setempat)

Harga Tiket:

  • The ANZAC Bell Tour ($27.00)
  • The Bell Tower Experience ($18.00)
  • The Bell Tower Experience – Flexible Ticket ($18.00)
  • The Romance Package ($62.00)

Website: https://www.thebelltower.com.au/

5. Twilight Hawkers Market

Pasar ini terletak di Forrest Chase yang cocok buat kalian pecinta kuliner. Tenang, banyak penjual yang menjajakan dagangannya dengan halal. Dengan mengusung konsep jajanan kaki lima, makanan yang dijualpun dengan harga murah dan ramah bagi traveler muslim. Biasanya banyak penjual dari negeri di Asia seperti Singapura, Malaysia, Bruinei, bahkan Turki yang menjual kuliner halal. Aroma sate dan kebab bisa dengan mudah ditemui di area ini. Rasanya benar-benar mantap pokoknya!

Jam Buka: Setiap Jumat Malam (16:30-21:30 waktu setempat)

Harga Tiket: –

Website: http://twilighthawkersmarket.com/

6. Kings Park

Kingspark

Taman ini juga jadi rekomendasiku buat kalian yang mengunjungi Perth. Waktu yang bagus kesini adalah pagi atau sore hari karena spotnya yang keren. Oh ya, taman ini merupakan taman kota terbesar di dunia karena luasnya adalah 400,6 ha. Tenang, kalian gak perlu buat keliling semuanya kok. Cukup cari yang berkesan buat kalian. Spot favorit dari lokasi ini ada di dekat Aboriginal Art Gallery karena menghadap kearah Perth Central Business District. Latar belakang foto kalian akan instagramable dengan keindahan gedung dan kawasan Perth Water.

Kawasan ini juga memberikan pengalaman lain dengan adanya spot memorial yang terdiri dari War Memorial, Honour Avenues, Fraser Avenue, Bali Memorial, Edith Dircksey Cowan Memorial, serta ada Botanic Garden yang megah.

Jam Buka: Senin-Minggu (24 jam)

Harga Tiket: –

Website: –

7. Perth City

Perth City

Sempatkanlah buat keliling Kota Perth yang artistik dan besar ini. Gedung yang tinggi, juga dikelilingi Swan River yang bersih memberikan kesan wah ketika menginjakkan kaki ke kota ini. Dapat dibilang ini adalah pusat metropolitan, bisnis, dan pemerintahan dari Australia Barat. Banyak restoran, bar, pusat perbelanjaan, oleh-oleh, bahkan toko elektronik terkenal yang ada di lokasi ini. Kawasan pejalan kakinya juga sangat luas karena mayoritas pengunjung disini suka berjalan kaki. Birunya langit kota Perth bisa menjadi teman kalian untuk meniti satu toko ke toko lain. Jangan khawatir, banyak rumah makan yang menyediakan menu halal, seperti:

  • New Sahara Middle Eastern Cuisine – Authentic Turkish Cuisine yang ada di 48 Pier St
  • Insan’s Café yang ada di 113-115 Murray St
  • D’Ankasa di 1/566 Hay St
  • Dan restoran lainnya, kalian bisa pakai keyword “Perth City Halal Restaurant” di mesin pencari

Jam Buka: Buka pada jam kerja/bisnis

Harga Tiket: –

Website: https://www.perth.wa.gov.au/

8. Harbour Town

Lokasi ini bernama Watertown Brand Outlet Centre yang lebih dikenal dengan Harbour Town. Merupakan lokasi perbelanjaan oleh-oleh dan pernak-pernik lainnya. Selain itu, juga terdapat pameran dari berbagai brand lain yang ternama disini. Lokasi ini cocok banget buat kalian yang suka belanja atau cari oleh-oleh dengan harga terjangkau. Walaupun lokasinya bersih dan strategis, beberapa toko menawarkan diskon besar bahkan ada juga yang bisa ditawar. Wuah, ayo buruan kesini kak!

Harbour town (2) Harbour town

Jam Buka:

  • Senin-Sabtu (09:00-17:30 waktu setempat)

Harga Tiket: –

Website: https://www.watertownbrandoutlet.com.au/

9. The Margaret River Chocolate Factory

Margaret Chocholate Perth
Sumber: https://chocolatefactory.com.au/

Sudah ketebak dong ini tempat apa? Ya, bener banget! Ini adalah pabrik coklat. Lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Perth yang menjual beraneka ragam olahan coklat. Mereka juga membuat coklat secara langsung dan juga memberikan contoh produk coklat secara gratis sebagai tester. Oh ya, sebagian produk ada yang mengandung alkohol. Jadi pastikan kalau produk yang kalian beli, bebas dari kandungan alkohol ya karena biasanya produk yang halal dipajang secara terpisah. Produk yang dijual disana antara lain kue, coklat batangan, minuman, dessert, dan lain sebagainya. Cocok untuk oleh-oleh untuk rekan atau orang terkasih.

Jam Buka:

  • Senin-Kamis(09:30-18:00 waktu setempat)
  • Jumat (09:30-19:00 waktu setempat)
  • Sabtu (09:30-17:00 waktu setempat)
  • Minggu (11:00 – 17:00 waktu setempat)

Harga Tiket: gratis masuk

Website: https://chocolatefactory.com.au/

10. Rottnest Island

Kalau kalian punya banyak waktu di Perth, Rottnest Island akan jadi salah satu memori yang melengkapi perjalanan kalian. Lalu kenapa ini ada poin terakhir, sten? Pulau ini terletak di bagian barat Fremantle. Jadi kalau Fremantle sebenarnya udah pinggir, nah ini harus naik kapal atau moda transportasi lain buat menuju ke pulau ini. Siapkan sunblock supaya kulit kalian tetap aman dan tidak terbakar sinar matahari ya.

Pulau ini menjadi ikonik karena ada hewan khas Australia Barat yang hanya bisa ditemukan di pulau ini. Namanya adalah Quokka (Setonix brachyurus) yang menggemaskan dan berbulu. Eitss…walaupun lucu, jangan coba-coba buat memegang atau menyentuhnya ya. Ada denda $300 buat kalian yang nekat melakukan itu. Kadang kekaguman tidak perlu diekspresikan dengan rasa ingin tahu kan? Memandang dari jauh saja sudah membuat kita bahagia kok, hehe ^^V

Di Pulau ini kalian juga bisa membawa sepeda untuk mengelilingi pulau. Kalau beruntung, di perjalanan kita bisa melihat tarian paus. Snorkeling juga bisa menjadi opsi kalian karena air di sekitar pulau ini sangat jernih dan biru. Wuah, puas banget pokoknya deh!

quokka-wildlife-website-screen-capture
Sumber: https://www.rottnestisland.com/the-island/about-the-island/quokkas-and-wildlife

Untuk memudahkan kalian beribadah lima waktu, berikut aku lampirkan infografis yang didapat dari Pemerintah Western Australia dalam Muslim Travel Guide Digital. Semoga membantu ya ^^

Consulate and Muslim Community Services Western Australia Place of Worship Western Australia for Muslim

Kalau kalian ingin melihat lebih jauh tentang itinerary atau Muslim Travel Guide Digital dari pemerintah Australia Barat, bisa klik disini

Nah itu dia 10 lokasi yang bisa jadi pilihan kalian untuk berwisata halal dan aman saat berkunjung di Perth, Australia Barat. Mudah banget kok cari makanan halal maupun lokasi beribadah untuk travelmen yang beragama Islam. Jadi, jangan ragu ya buat ke Perth! Dijamin memori indah kalian disana akan terus terekam dan worth it banget! So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya ya~~

Referensi:

  • Western Australia Muslim Travel Guide
  • Rottnest Island Website
  • Margaret Chocolate Company Website

Lomba Blog Cheria Holiday #9 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here