Cara Refund Tiket Kereta di KAI Access

0
162

Hai travelmen, apa kabar semuanya? Semoga kalian selalu ditengah pandemi covid-19 ini ya. Nah, dalam postingan kali ini aku mau bagi pengalaman buat refund tiket kereta api di aplikasi KAI Access. Yap, sebenarnya sudah pesan semenjak H-90 hari sebelum keberangkatan, tapi saat ini kondisi Indonesia sedang belum stabil sehingga mudik dilarang. Pengen tau gimana caranya supaya bisa refund seratus persen biaya tiket kereta api? Yuk simak langkah-langkahnya..

Bagi kalian yang menemukan artikel ini, aku ucapin selamat datang para pejuang mudik yang akhirnya dilarang oleh pemerintah. Salam dari anak rantau yang kangen rumah. Pesan tiket buat mudik bukan hal yang gampang, apalagi harus rebutan dari H-90 kan ya?Namun walau kangen, kita perlu ikut anjuran pemerintah agar covid-19 ini segera selesai dan bisa merasakan pelukan hangat di kampung halaman. Aku pribadi apresiasi kalian yang mau terbuka dan gak keras kepala untuk pulang kampung. Apresiasi buat kalian ^^

Refund 100% ini berlaku terkait pandemi covid-19. Perjalanan yang mendapatkan 100% refund mulai tanggal 23 Maret 2020 hingga 4 Juni 2020.

Oh ya, untuk refund tiket kereta api di KAI Access ini kalian ga harus beli di KAI Access ya. Jadi bisa refund dari pembelian di Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, atau kanal pembelian langganan kalian. Pokoknya kalian sudah punya konfirmasi pemesanan tiket yang didalamnya tertera kode booking. Jadi pastiin lagi kalo kalian punya:

  • Bukti konfirmasi pemesanan tiket KAI berupa kode booking
  • Dalam tiket KAI tersebut, kalian juga sebagai penumpang. Hal ini jadi persyaratan waktu refund supaya gak ribet. Soalnya pemilik akun KAI Access harus ada di daftar penumpang.

Setelah yakin kalian sudah punya hal diatas, langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Download aplikasi KAI Access dan masuk ke aplikasinya
  2. Masuk ke akun KAI Access kalian, daftar dulu ya kalau belum punya akunnya
  3. Setelah masuk, pilih “tambahkan tiket” untuk menambahkan tiket kalian ke aplikasi KAI Access. *apabila kalian pesan lewat KAI Access bisa abaikan langkah ini

4. Isikan kode pemesanan ke dalam kolom, klik cari

Cara refund tiket kereta di KAI Access (1)

5. Setelah itu akan muncul detail tiket yang berisi detail perjalanan, harga, serta penumpang. Klik tambahkan tiket

6. Setelah tiket berhasil ditambahkan, di halaman utama pilih “pembatalan”

7. Akan terlihat daftar tiket yang aktif, pilih tiket yang akan kalian refund

Cara refund tiket kereta di KAI Access (2)

8. Setelah itu, akan terlihat kembali detail tiket dan pilih “Pembatalan”

9. Pilih nama penumpang yang akan dibatalkan perjalanannya. Isikan akun bank yang terdiri dari nama akun rekening, nomor rekening, dan bank. Isikan pula alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi ya. Dibawahnya, terdapat tulisan “Perubahan jadwal akan dikenakan biaya sebesar 25% dari harga tiket sebelumnya dan batas waktu pembayaran 1 jam setelah mendapatkan kode pembayaran”, ini diabaikan saja karena kita akan refund/pembatalan bukan ganti jadwal. Lalu berikan checklist pada kotak yang tersedia.

10. Halaman konfirmasi pembatalan akan muncul, pastikan akun bank dan detail kontak benar. Pastikan detail pengembalikan dana benar 100% dari biaya tiket KAI diluar biaya administrasi. Biaya pembatalan akan tertulis Rp 0. Klik pembatalan tiket. Apabila ternyata tidak 100% pengembalian dana (ada potongan 25%), silakan bisa hubungi sosmed atau CS KAI121 ya. Kalau masih ragu, bisa tanya ke CS KAI121 dulu ya travelmen ^^ Jangan lupa screenshot juga biar mempermudah buktinya.

Refund 100% ini berlaku terkait pandemi covid-19. Perjalanan yang mendapatkan 100% refund mulai tanggal 23 Maret 2020 hingga 4 Juni 2020.

Cara refund tiket kereta di KAI Access (3)

11. Untuk memastikannya, kalian bisa ke riwayat tiket dan tiket kalian sudah dalam status “dibatalkan”. Uang kalian akan ditransfer ke rekening yang dituliskan tadi sekitar 30-45 hari setelah proses pembatalan dilakukan.

Cara refund tiket kereta di KAI Access (4)

refund tiket KAI

Nah, demikian cara refund tiket kereta di KAI Access. Tetap jaga kesehatan buat kalian ya. Semoga kalian selalu semangat dan bahagia. So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan lainnya. Babai~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here