Catat! Ini Dia Tips dan Tanggal Pemesanan Kereta Mudik Lebaran 2019

0
181

Hai travelmen! Apa kabar, semoga kalian selalu diberi kesehatan dan kelancaran menjalani rutinitas kalian yaa.. Kali ini aku mau sharing mengenai tips dan tanggal pemesanan kereta mudik lebaran 2019. Udah pada tau belum kalau sekarang udah mulai memasuki masa-masa menjelang pemesanan kereta api di H-90 lebaran? Bahkan tiket sebelum hari H-Lebaran udah pada dilibas habis loh! Jadi, ini dia tips dan tanggal kereta mudik lebaran buat membantu strategi kalian. Cuss!

Pemesanan tiket kereta api untuk jarak jauh bisa dimulai pada H-90 yaitu 90 hari sebelum hari keberangkatan. Sedangkan kereta api jarak dekat (lokal) bisa dimulai H-7 atau 7 hari sebelum keberangkatan. Kalau kalian liat tanggalan, libur terdekat ini yang potensial untuk pulang ke kampung ke halaman adalah saat pemilu (17 April 2019) dan saat hari raya Idul Fitri (5-6 Juni 2019). Untuk postingan ini kita fokus dulu ke libur hari raya Idul Fitri ya ^^

Libur Idul Fitri ga cuma tanggal segitu aja loh. Jadi bakalan dimulai dengan cuti bersama lebaran pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019.

Yang berarti bahwa tanggal 3-4-5-6-7 Juni 2019 adalah cuti bersama dan hari Libur.

Eitss!! Ada lagi. Buat kalian yang mau ambil cuti, bisa ambil dari tanggal 30 Mei 2019 pada hari Kamis karena ada libur memperingati Kenaikan Isa Almasih. Buat kalian, kokosten bakal buatin sedikit ilustrasi dari hari libur panjang besok nih..

Nah, kalian bisa pulang ke kampung halaman sejak rabu sore (29 Mei 2019) dan ambil cuti di hari jumat supaya liburannya makin panjang. Kalian bakal dapet 11 hari libur apabila bener-bener dapet tiket kereta atau pulang sesuai saran dari kokosten. Buat kembali ke perantauan, bisa dimulai sejak hari Sabtu (8 Juni 2019) atau Minggu (9 Juni 2019).

Salah satu armada transportasi yang bisa jadi rekomendasi adalah kereta api. Kenapa? Kalau mobil, pasti tetap akan terhalang macet. Bus pun pasti berdesak-desakan kecuali kalian sudah pesan tiket khusus. Pesawat? Harga tiket pesawat pasti sudah tambah mahal. Kereta api menjadi rekomendasi karena punya jadwal yang sangat jelas, ramah di kantong, dan cukup banyak kereta yang bisa jadi pilihan. Berikut adalah jadwal yang dirilis PT KAI untuk mudik lebaran:

Eits!! Bukan berarti tanpa resiko loh. Ada resiko yang paling ditakutin yaitu kehabisan tiket. Contohnya saja kemarin aku memesan untuk tanggal 29 Mei 2019. Aku kasih kondisinya kemarin ya:

  1. Aku sudah siap begadang nunggu jam 00:00 pada 28 Februari 2019 (H-90)
  2. Sudah login KAI Access, Tokopedia, dan Traveloka
  3. Sudah menentukan kereta apa yang mau diambil

Tapi waktu aku refresh pas jam 00:00, SERVER DOWN! SERVER TOO BUSY! Wadidaw!

Aku tetep dapat tiket kok, walau ga sesuai rencana awal.

Nah, ini dia tips-tipsnya buat kalian yang mau pesen tiket kereta api untuk libur lebaran/idul fitri 2019:

  1. Lihat jadwal pemesanan tiket kereta api H-90 jatuh di tanggal berapa
  2. Siap-siap begadang
  3. Jangan lupa pastikan ada koneksi internet
  4. Siapkan 2 gadget, misal: Laptop dan HP
  5. Buka minimal 2 channel pembelian tiket kereta api, misal: KAI Access sama e-commerce lain yang punya fitur pesan tiket kereta
  6. Pastiin kalian punya rekening yang bisa bertransaksi pas tengah malam, atau sisihkan dana di Gopay/Ovo buat mempercepat transaksi kalau kalaian beli via e-commerce

Gak cuma itu, aku bakal bagiin beberapa strategi buat kalian nih. Simak deh…

Strategi #1 – Diskon / Yang Penting Dapat

Nah kalian perlu tau nih. Berdasarkan pengamatanku, kalau server KAI aja down atau gabisa diakses , apalagi e-commerce lain kan? Kok bisa? Karena e-commerce lain juga ambil data dari servernya KAI. Kalau kalian mau dapet diskon atau potongan banyak, kalian bisa beli pake kode diskon di e-commerce. Kalau kalian bener-bener ga peduli diskon dan yang penting dapat, beli di KAI Access atau Web KAI karena kalian akses dari penjualnya langsung.

Strategi #2 – Beli diatas Kesusahan Orang Lain

Ini memang perlu usaha lebih sih. Yang penting dapet kan? Persaingan beli tiket kereta juga ketat banget. Ada yang namanya batas pembayaran. Biasanya ada yang 45 menit dan maksimal 1 jam. Nah, jadi kalian perlu standby jam 00:45 sampai 01:00 siapa tau ada yang pemesanannya belum dibayarin nih. Jadi kalian bisa langsung pesen. Aku sendiri bahkan dapet waktu subuh sekitar jam 3-4 loh. Mungkin banyak yang udah booking tapi belum melakukan proses pembayaran, jadinya pesanannya dibatalkan otomatis oleh sistem. Gimana tipsnya? Oke gak?

Strategi #3 – Isi Data Penumpang Duluan

Kalau pemesanan tiket biasanya perlu isi data penumpang dulu kan? Jangan sampai pas mau pesan, baru ngisi data penumpang. Pas dipencet proses pembayaran, eh tiket habis. Jadi kalian perlu siapin data penumpang sebelum proses rebutan kursi dimulai. Ada 2 jenis isi data penumpang yang ada di web/aplikasi pemesanan tiket. Auto Fill seperti tokopedia yang langsung terisi dan yang perlu kita pencet tanda (+) dulu baru kita pilih data penumpang mana yang mau diinputkan. Kalau auto fill lebih baik kalian pakai gadget pc karena bakal lebih cepat, sedangkan pencet tanda (+) lebih cepat kalau pemesanan lewat mobile.

Eitsss, masih ada lagi. Bahasan diatas itu kan cuma untuk kereta api jarak jauh, gimana kalo jarak dekat atau lokal nih?

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh KAI121 (@kai121_) pada

Yap, mulai tanggal 1 Maret 2019, #SahabatKAI bisa membeli tiket semua Kereta Api Lokal lewat aplikasi #KAIAccess.⁣

Dengan metode pembayaran E-Wallet LinkAja, #SahabatKAI tidak perlu lagi mengantre tiket di Stasiun. Pastikan aplikasi #KAIAccess nya sudah update versi terbaru ya.

Nah itu dulu ya tips dan tanggal buat kalian yang mau pesan tiket kereta api untuk libur lebaran. Kalau kalian udah dapet tiket atau punya tips lain, jangan lupa komentar ya supaya lebih banyak orang yang terbantu. So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya. Babai~~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here