Dibawah 100 ribu! Ini dia Penginapan Jogja yang Dapat Makan Malam

0
850

Hai travelmen! Jumpa lagi bareng aku di blog ini. Jadi kali ini aku mau bahas tentang salah satu penginapan murah yang ada yang di Yogyakarta loh! Saking murahnya, penginapan ini cuma dibanderol dibawah 100 ribu aja permalamnya. Keren gak tuh? Nah kalo penasaran, yuk baca selengkapnya..

Yogyakarta sangat terkenal dengan wisata alam dan budayanya. Banyak wisatawan yang setiap harinya berkunjung ke Yogya atau Jogja. Mereka berkunjung menggunakan armada udara seperti pesawat maupun armada darat seperti mobil, kereta, dan sebagainya. Penginapan mungkin menjadi masalah tersendiri ketika kalian ingin berkunjung ke kota ini selama berhari-hari, apalagi buat kalian yang seneng backpacker-an.

Berada di dekat Stasiun Lempuyangan, penginapan ini hanya merogoh kocek sebesar Rp 80.000,00 – Rp 90.000,00 permalamnya. Laura’s Backpacker 523 nama penginapannya. Aku bookingnya via traveloka karena cukup mudah dan bisa cek kamar yang tersedia secara online. Waktu itu aku booking di hari Minggu dan check out Senin. Harganya sebesar Rp 80.000,00 permalam. Lokasi dari penginapan atau hostel ini ada di Tukangan DN2 No 523, Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta, Danurejan, Yogyakarta, Yogyakarta Province, Indonesia, 55212. Lantas apa aja yang bisa didapetin dari harga segitu?

Bukti pembayaran lewat traveloka

Bunk Bed

Hal yang pertama aku lihat adalah kasurnya gimana dengan harga segitu. Muat apa nggak coba dengan badan segede gini? Karena membawa tema backpacker, kasur yang disediakan adalah kasur tingkat. Ada bagian atas dan bawah. Aku pilih kasur bawah soalnya biar nyaman. Kalo diatas takutnya malah yang dibawahku gak bisa tidur takut kejatuhan. Kasurnya cukup empuk. Lebarnya kurang lebih 1 meter dan panjangnya kurang lebih 2 meter. Buat kalian yang butuh privasi, ada gorden di sisi kasurnya sehingga bisa tidur tanpa diliatin orang. Kalau yang bagian atas gak ada gordennya. Kasurnya empuk, walau balik sana sini tetep kerasa empuk walau badan segede ini. Apalagi kalo kalian yang bertubuh ramping, pasti empuk banget.

Kamar dengan AC

Nah, kalian juga dapet kamar dengan AC loh! Tapi gak cuma kalian sendirian. Karena penginapan ini bisa dibilang “low budget”, kalian harus mau tidur berisikan 6 orang dalam satu kamar. Masalah? engga kok. Kalian bisa saling sosialisasi dan tanya jawab juga. Kebetulan waktu itu aku sama wisatawan asing dari Romania. Dia naik motor dari Romania mengunjungi wisata di seluruh dunia loh, akhirnya dia sampai di Indonesia. Sungguh cerita yang menginspirasi apalagi buat aku yang seneng traveling. Nah masalahnya adalah waktu itu aku kebagian kamar dengan nama “Gede”. AC nya gak kerasa entah rusak atau freonnya habis. Jadi di kamar panas banget. Aku gak tau apa memang panas atau di kamar lain bisa dingin juga. Padahal semua pengaturan remote AC udah dicoba dan gak berhasil. Ini yang buat temen bule-ku gak betah, berkali-kali misuh di bahasa Inggris. “It’s fu*king hot!! F*ck!”, kata bule Romania itu. Aku cuma bisa bilang “Sabar mister..”. Sepertinya temennya juga sudah komplain ke petugas di lobby tapi aku gak tau gimana kelanjutannya.

Kamar Mandi

Kamar mandi sangat bersih untuk range harga segini. Ada kamar mandi di tiap kamar dan juga kamar mandi yang ada diluar, siapa tau kalian kebelet duluan dan ada yang di kamar mandi (hehee..). Masalah berikutnya adalah tekanan airnya yang gak kuat seperti di bagian shower apalagi di selang air disamping toilet duduknya. Begitu juga di toilet duduknya. Astaga itu bingung mau bersihinnya loh. Sayang sekali jadi nilai minus padahal kamar mandinya bagus banget. Mungkin bisa jadi saran buat pengelola Laura’s Backpacker 523 buat naikin tekanan airnya. Pasti tambah keren!

Selimut

Nah, waktu check in kalian bakal dikasih selimut dan diantar sama petugasnya ke kamar kalian. Bakal diterangin macem-macemnya dan gimana. Tapi sayang selimut ini gak kepake soalnya kamarnya panas. So sad.

Stop Kontak

Gak ada stop kontak, gak asik dong? Tenang. Kalian bakal dapet stop kontak lengkap dengan colokan 3 nya loh. Juga ada lampu kecil yang ada di tiap kasur, siapa tau kalian mau baca buku atau ada kegiatan lainnya.

Loker Penyimpanan

Loker penyimpanan penting banget buat nyimpen barang berharga kalian. Yup, karena isi tiap kamar ada 6 orang (maksimal) jadi penting banget yang namanya keamanan. Kalian perlu deposit dulu kunci loker dan kunci kamar senilai Rp 50.000,00 ke petugas check in. Uang itu bakal dikembaliin ke kalian waktu kalian check out kalau kuncinya gak hilang.

Makan Malam

Makan Malam di Laura’s Backpacker 523 Jogja (tapi fotonya pas pagi hari). Sayurnya sueger!

Nah, ini yang jadi nilai plus gaes! Dapet makan malem! Seharga segitu dapet makan malem cuy! Awalnya gak percaya. Tapi ternyata dapet juga. Lokasi ruang makannya ada di rumah lainnya. Hanya berjarak kurang lebih 15-20 meter aja. Sekitar berjarak 2-3 rumah. Nah, ruang makan ini memang satu gedung sama kamarnya para cewek. Jadi, kamar cewek dan cowok ga satu rumah gitu. Makan malam waktu itu adalah gado-gado atau aku bilang sih mirip karedok. Ada sayur potong dan bumbu kacangnya. Penyajiannya terpisah tergantung selera banyak sedikit bumbu kacang yang kalian suka. Untuk pelengkap, juga ada kopi maupun teh untuk minum.

Makan Pagi (Sarapan)

Makan pagi di Laura’s Backpacker 523 Jogja. Kue cubitnya enak!

Makan pagi dari penginapan ini cukup minimalis tapi bisa untuk mengganjal kelaparan. Waktu itu aku dapet 2 kue cubit, potongan semangka, dan mangga. Untuk minum ada teh, kopi, dan air putih ya. Kue cubitnya enak parah! Buahnya juga seger. Mungkin ini pengalaman sarapan yang kaya gini pertama kali. Untuk rasanya enak. Mungkin porsinya yang kurang apalagi perutku gede (salahku sendiri…)

Lobby dan Ruang Depan

Nah, kerennya lagi nih! Lobby dari Laura’s Backpacker 523 banyak tempat duduk loh. Ruang depannya bisa buat nongkrong tiap saat. Ada lampu dan kipas angin buat kalian yang kepanasan. Yang jadi keren lagi karena ada perpustakaan mini-nya loh. Cocok buat kalian yang seneng baca-baca. Tenang. Masih ada colokan disana-sini kok. Jadi, ini bisa buat lokasi nongrong kalian misal kalian sama temen-temen kalian mau koordinasi kemana atau bahas apa.

Nah, itu semua fasilitas yang aku dapetin waktu disana. Aku bakal coba ringkas kelebihan dan kekurangan menurutku ya:

KELEBIHAN

  1. Harganya cukup murah
  2. Kamar mandi bersih
  3. Kasur empuk
  4. Dapet makan malem cuy!
  5. Lobby dan ruang depannya keren!

KEKURANGAN

  1. Tekanan air di kamar mandi kecil
  2. AC tidak terasa (entah rusak atau freon habis)
  3. Perekat gordennya tidak nempel, jadi copot terus (bukan masalah besar)

So, buat kali ini aku bakal kasih nilai ya untuk Laura’s Backpacker 523.

Suasana, nyaman banget. Berasa di rumah sendiri. Ada perpustakaan mininya juga. Cuma karena di kamar panas, suasananya jadi beda. So, aku kasih 8/10.

Kebersihan, bersih banget. Terawat dan memang niat untuk membuka jasa penginapan ini. Aku kasih 10/10.

Lokasi, jarak dari Stasiun Lempuyangan yaitu 450 meter. Kalian bisa pakai ojek online. Namun kalau kalian pakai taksi online, kalian hanya bisa turun di depan gang dan jalan sekitar 100 meter. Soalnya memang gak berada di sisi jalan pas, tapi di dalam gang. Tapi menurut saya mudah ditemukan kok. Jadi aku kasih nilai 9/10.

Pelayanan, pegawainya baik dan responsif. Koki yang masak juga ramah banget. Nyambung kalau diajak ngomong, pengetahuan ibuk kokinya keren! Cocok buat aku yang suka ngomong apalagi sharing masalah wisata. Nilainya 10/10.

Fasilitas, dengan harga yang ditawarkan yaitu dibawah 100 ribu. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap. Dapet makan malem cuy! Tapi sayangnya kembali lagi ke AC dan tekanan air yang gak terlalu kencang. Nilainya 7/10.

TIPS 

Tips buat kalian yang mau nginep disini, biar gak bingung dan over-estimate. Kalian perlu bawa handuk dan alat mandi yah. Soalnya ini gak termasuk dalam fasilitas yang diberikan.

Pastinya penginapan ini bisa terus meningkatkan kualitasnya apalagi waktu baca postinganku ini. Aku terbuka kalau tim manajemen Laura’s Bacpacker Home sudah membenahi. So, please feel free to contact me 🙂

Itu dulu ya review dari aku. Semoga bisa membantu kalian bagi yang mau jalan-jalan ke Jogja dan bingung buat nginep dimana. So, stay positive and keep traveling. Babai~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here