KAI Sediakan Sahur dan Buka Puasa Gratis, Simak Ketentuannya!

0
177
sahur dan buka puasa gratis KAI 2019

Hai travelmen! kembali lagi bersama Kokosten yang kali ini bakal membahas mengenai mudik dengan Kereta Api Indonesia (KAI). Gimana puasanya nih? Semoga lancar sampai puasanya berakhir ya. Memasuki masa-masa mudik ke kampung halaman dan juga libur lebaran, KAI juga terus meningkatkan pelayanannya untuk mempermudah penumpangnya loh. Kali ini KAI menyediakan sahur dan buka puasa gratis! Penasaran gimana cara dapetinnya? Yuk simak terus..

Memasuki musim mudik dan libur panjang banyak armada yang bisa dipilih oleh pemudik, salah satunya adalah dengan menggunakan kereta api. Antusias pemesan tiket pun juga sangat besar, bahkan semenjak H-90 hari keberangkatan musim libur ini sudah habis dipesan untuk jalur yang menempati favorit di puncak arus mudik. Kereta tambahan yang diberikan di H-60 pun juga sudah habis terjual. Masyarakat Indonesia memang memilih kereta karena saat ini kereta semakin nyaman dan lebih murah dibandingkan armada lainnya.

Menyambut antusias positif ini, KAI menyediakan sahur dan buka puasa gratis untuk tanggal tertentu di bulan puasa ini. Jadi, kalian gak perlu bawa bekal dari rumah karena bakal dibagiin paket makan secara GRATIS!! Oh ya, gak cuma tahun ini aja kok. Tahun sebelumnya juga sudah ada rutinitas ini di puncak arus mudik. Berikut adalah ketentuan mendapatkan sahur dan buka puasa gratis dari KAI:

  1. Sahur dan Buka Puasa Gratis oleh KAI, berlaku untuk seluruh KA (kecuali KA lokal) pada tanggal 26 Mei 2019 sampai 4 Juni 2019
  2. Diberikan kepada penumpang di atas KA memasuki waktu sahur dan buka puasa
  3. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang KA di Bulan Suci Ramadhan

Update! Berikut adalah testimoni dari penumpang yang mendapatkan buka puasa gratis dari KAI

Buka Puasa Gratis dari Kereta Api Indonesia - KAI - Kokosten
Testimoni dari penumpang yang mendapatkan buka puasa gratis dari KAI (Sumber: Instastory @KAI121_)

Pertanyaan yang Sering Muncul

Pertanyaan: KA Apa yang dapet sahur dan buka puasa gratis dari KAI?

Jawaban: Semua KA ya. Eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. KA lokal tidak dapat.

Pertanyaan: Kapan saja dapat sahur dan buka puasa gratis dari KAI?

Jawaban: Pokoknya kalau kalian perjalanan dengan KAI di tanggal 26 Mei 2019 sampai 4 Juni 2019. Terus pas masuk jam buka puasa dan sahur. Bakal dapet kok, tenang!

Pertanyaan: Tapi bisa aja gak dapat sahur dan buka puasa gratis dari KAI, kan?

Jawaban: Kalau kalian perjalanan diatas kereta dan sampai sebelum buka puasa ya ga dapat. Bisa juga kasusnya kalian naik kereta di stasiun setelah waktu buka puasa, terus turun sebelum waktu sahur.

Pertanyaan: Kalau KA Luxury gimana nih, sten? Kan udah dapat makan harusnya..

Jawaban: Nah ini yang mantep! Berdasarkan info, KA Luxury sih tahun kemarin dapat keduanya. Jadi dapat paket menu sahur dan buka puasa gratis! Salah satunya bisa di take away. Ada juga yang kebetulan gak puasa, bisa ambil jatah makan siangnya. Jadi dapat 3x loh.

Pertanyaan: Rute mana aja yang dapat paket sahur dan buka puasa gratis?

Jawaban: Semua rute. Mau pas di puncak arus mudik ataupun contra flow (rute sebaliknya di puncak arus mudik) juga dapat. Bahkan rute contra flow ini harga tiketnya lebih murah. Jadi kalian dapat tiket mudah, terus dapat sahur dan puasa gratis. Mantep gak tuh?

Pertanyaan: Paket buka puasa dan sahurnya dalam bentuk apa? Takjil atau makanan berat?

Jawaban: Biasanya berupa nasi kotak. Ada pula yang memberikan nasi goreng.

TIPS!

Kokosten juga mau kasih tips buat kalian naik kereta api di musim liburan dan musik ini nih. Biar kalian nyaman perjalanannya dan juga menghindari hal yang tidak diinginkan.

  1. Pastikan dulu tanggal dan stasiun keberangkatan mana yang sudah kalian beli tiketnya. Jangan sampai salah tanggal loh.
  2. Datang lebih awal di stasiun. Jangan Mepet! Ini musim liburan dan mudik loh. Jalanan pasti bakal lebih ramai daripada biasanya. Lebih baik kalian menunggu di stasiun kan daripada ketinggalan kereta?
  3. Jangan bawa barang bawaan yang super banyak dan ribet. Siapkan barang bawaan agar lebih ringkas sehingga tidak mengganggu perjalanan kalian
  4. Bawa minum yang cukup. Walaupun nanti kalian dapat paket sahur dan buka puasa gratis dari KAI, minum bisa saja kurang loh. Jadi lebih baik bawa minum agar gak kehausan.
  5. Kabari keluarga kalian kalau mau pulang. Jangan sampai waktu kalian sudah sampai rumah, ternyata keluarga kalian malah nengokin kalian ke perantauan.
  6. Jangan bawa barang bawaan yang mengganggu penumpang lainnya ya, baik secara indra penciuman maupun lainnya. Misalnya: durian tidak diperbolehkan karena aromanya dapat mengganggu penumpang lainnya. Anjing dan binatang peliharaan juga tidak diperbolehkan untuk dibawa. Dinosaurus dan buaya juga tidak diperbolehkan.
  7. Kalau kalian pakai aplikasi KAI Access. Bisa pakai fitur e-boarding pass agar tidak perlu cetak tiket. Jadi lebih cepat dan tidak perlu antre cetak tiket.
  8. Kalau kalian takut gak kebagian menu sahur dan buka puasa gratis dari KAI karena berangkat setelah waktu buka puasa atau sampai sebelum waktu sahur tiba, lebih baik bawa bekal ya supaya puasa kalian tetap lancar.

Nah, semoga perjalanan mudik kalian bisa berlangsung dengan nyaman dan selamat sampai tujuan ya travelmen! Selalu perhatikan jam kedatangan agar tidak terburu-buru sewaktu memasuki stasiun. Lebih baik menunggu kedatangan kereta daripada gak bisa pulang kan? Hehe.. So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya..

Kalian sudah pernah dapat sahur atau buka puasa gratis dari KAI? Yuk bagi pengalaman kalian dibawah ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here