Keliling Wisata Surabaya Budget 80 ribu, kemana aja?

0
5326

Halo travelmen, jalan-jalan ke daerah lain mungkin jadi kesenangan tersendiri bagi beberapa orang. Apalagi kalo tempatnya bener-bener baru buat kita. Namun seringkali alasan budget dan masih bingung mau kemana jadi alasan tersendiri kan? Malah-malah kebanyakan mikir jadinya ga jadi, nah ini ada beberapa rekomendasi buat kalian bagi yang ingin mengunjungi Surabaya, bisa bareng bareng sama temen jalan yang lain, dan budgetnya cukup 80 ribu aja lo gaes! Jadi kira-kira kemana ya? Yuk kita cek..

Oh ya, rekomendasi ini mungkin cocok buat kalian yang bakal bareng-bareng perginya karena biaya transportasi yang bisa ditanggung bersama. Jadi bisa murah banget. Destinasi pertama yang bakal kalian kunjungi adalah ikon Kota Pahlawan yaitu Tugu Pahlawan. Tugu ini berada di daerah Bubutan atau tepatnya di depan kantor gubernur. Sejarahnya monumen ini dibangun untuk mengenang dan menghormati prajurit Surabaya yang tewas mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat 10 November 1945.

Bentuk tugu ini cukup unik seperti paku yang terbalik. Dengan tinggi 40,45 meter dan diameter 3,10 meter serta diameter bawahnya yaitu 1,30 meter. Apabila kalian mendekat, bakal keliatan ukiran trisula, cakra, stamba, dan padma yang katanya sebagai simbol api perjuangan. Lokasi tugu ini pun bisa dibilang cukup instagramable, selain itu lapangan yang lebar pun membuat lokasi foto-fotonya menjadi tak terbatas bahkan terdapat alutsista yang pernah dipakai pada jaman perang terdahulu. Keren banget kan? Yang bikin keren lagi adalah masuk lokasinya ga bayar kok, cukup bayar parkir aja. Kalau parkir mobil hanya Rp 5.000,00 saja dan parkirnya barengan sama lokasi kedua.

Lokasi keduapun tidak jauh dari tugu Pahlawan. Hanya berlokasi beberapa langkah saja, Museum Tugu Pahlawan siap menyambut kehadiran kalian. Tiket masuk untuk umum hanya Rp 5.000,00 dan apabila kamu pelajar/mahasiswa dapat masuk dengan GRATIS hanya dengan menunjukkan KTM/Kartu Pelajar. Museum ini dihiasi oleh relief yang cukup besar dan warnanya agak mirip seperti tembaga. Pastinya relief ini masih ada kaitannya dengan perjuangan pahlawan kota Surabaya ketika berperang melawan penjajah. Di awal masuk banyak lukisan yang menggambarkan perjuangan pahlawan kita. Lokasi ini cocok buat kalian yang mau belajar sejarah Indonesia dan mengenal lebih jauh. Bahkan ada rekaman suara Bung Karno saat mengucapkan proklamasi lo. Ini jelas gak kalah keren!

House of Sampoerna jadi destinasi berikutnya. Nah berbeda dari lokasi sebelumnya. Untuk masuk seperti ini, pengunjung harus menunjukkan kartu identitasnya. Memastikan bahwa pengunjung sudah berumur 17 tahun mungkin. Mengingat bahwa semua yang ada di museum ini ada unsur rokok, tidak baik apabila dilihat oleh anak-anak karena takut ditelan mentah-mentah. Museum ini berlokasi di Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya. Letaknya memang di jantung Kota Surabaya, namun untuk akses masuknya lewat gang. Tapi jangan khawatir, banyak petunjuk untuk menuju ke lokasi ini. Jadi jangan takut tersesat yah!

Aroma tembakau akan menyambut kalian ketika masuk ke museum. Seperti namanya, museum, banyak sejarah tentang rokok disini. Mulai dari kemasan rokok yang dijual di dalam maupun luar negeri, alat uji laboratorium untuk menguji kualitas rokok bahkan bungkus korek api legendaris yang mungkin masih kita kenal. Di lantai 2 terdapat kios yang menjual cideramata ala Museum House of Sampoerna, juga diperlihatkan proses produksi dan pengemasan rokok secara langsung. Sayangnya lokasi ini terdapat larangan pengambilan gambar padahal keren sekali.

Gak hanya gedung museum saja di HoS, terdapat gedung lain seperti gedung pameran yang memamerkan berbagai lukisan abstrak dan berwarna. Cukup bagus buat kalian yang menikmati seni dan karya tangan. Lokasinya ada di sebelah museum House of Sampoerna. Bentuknya seperti rumah kecil bertingkat. Hampir seluruh struktur penyusun bangunannya adalah kayu. Oh ya, semua area di House of Sampoerna tidak dipungut biaya dan mungkin hanya parkir saja. Tapi saat kami kesana, petugas tidak menarik biaya parkir.

Tak lengkap rasanya apabila ke Surabaya tanpa mencoba kuliner yang satu ini. Yap, sate ondomohen alias Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih yang ada di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Surabaya. Buka mulai jam 7 pagi hingga 11 malam setiap harinya. Berbeda dengan sate biasanya, sate disini dicampur dengan kelapa yang sudah disangrai dan diberi bumbu lalu dibakar. Banyak pilihan menu yang ada disini, mulai dari daging sapi, ayam, udang bahkan sumsum dan usus. Teksturnya pun legit dan tidak dibakar hingga hangus seperti sate pada umumnya. Setiap porsinya ada 10 tusuk sate yang dibalur bumbu kacang, potongan bawang merah dan cabe. Rasanya yang gurih bakal menemani kalian hingga tusuk terakhir. Harga per porsinya sekitar 20 ribu rupiah. Kalian bisa memilih nasi atau lontong sebagai teman makan satenya. Bahkan kalau kalian gak suka sate kelapa, bisa minta untuk dibuatkan sate biasanya. Jadi tenang aja, cocok bawa siapapun kesini kok. Sudah banyak artis juga yang kesini, terbukti dengan pajangan foto pemilik warung bersama artis ternama. Saat saya bertiga bersama teman saya, dengan menu 3 sate kelapa, 3 teh botol, dan 1 botol air mineral serta parkir hanya dengan merogoh kocek Rp 98.000,00.

Destinasi terakhir adalah Surabaya North Quay yang ada di Perak Utara, Pabean Cantian. Buka setiap jam 11 pagi hingga 8 malam, setiap hari buka selain hari senin. Tertelak di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pemandangan laut dan pemandangan jembatan Suramadu akan terlihat jelas. Disini ada rekomendasi buat kalian buat menikmati golden hour yaitu ketika matahari terbenam. Di SNQ ini banyak ruang pameran dan juga food court untuk menikmati hari-hari dengan kudapan makanan. Untuk masuk ke area SNQ itu GRATIS! dan hanya bayar retribusi masuk termasuk parkir hanya Rp 7.500,00

 

PENGELUARAN TOTAL:

  1. Area Tugu Pahlawan  : Rp 5.000,00 *parkir
  2. Museum Tugu Pahlawan  : GRATIS!
  3. House of Sampoerna  : GRATIS!
  4. Sate Ondomohen : Rp 98.000,00 *termasuk parkir (3 porsi plus minum)
  5. Isi BBM : Rp 75.000,00
  6. Surabaya North Quay: Rp 7.500,00 *retribusi termasuk parkir

TOTAL : Rp 185.500,00 (untuk orang 3, 60 ribuan perorang)

Gimana? Murah banget kan? Dengan pengeluaran yang ada sudah bisa kulineran dan keliling 4 wisata di Surabaya. Dimana nih tempat favorit kalian ketika mengunjungi Surabaya? Coba komentar dibawah yuk biar semuanya tahu lokasi keren versi kalian…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here