Menikmati Gurihnya Sagon di Kawah Sikidang, Dieng, Wonosobo

0
1880

Kawah Sikidang adalah salah satu destinasi wajib ketika mengunjungi kawasan Dieng, Wonosobo. Disamping menikmati indahnya kawah yang mengeluarkan belerang, wisatawan biasanya menghabiskan waktu dengan berfoto ria di kawasan tersebut. Warga disana juga menyediakan tempat foto yang unik seperti mobil jeep ataupun ayunan untuk menambah keren foto kalian.

Siapa sangka, setelah menghabiskan waktu, rombonganku pun menuju jalan keluar dan menemukan kuliner yang baru aku lihat. Sagon namanya. Sagon ini adalah camilan yang dibuat dari tepung beras, kelapa yang diparut, dan gula. Uniknya lagi, camilan ini tidak memakai air ataupun minyak saat proses pembuatannya.

Awalnya kelapa diparut, lalu dicampurkan ke dalam tepung beras. Kelapa yang dipilihpun tidak terlalu tua dan muda. Adonan sagon yang sudah siap lalu diletakkan di loyang yang berbentuk bundar. Lalu diberi gula dan dibakar diatas arang yang sudah disiapkan. Terlihat penjualnya mengipas tungku agar sagon yang dihasilkan bisa matang dengan sempurna.

Aroma kelapa bercampur suasana yang semakin berkabut di kawah Sikidang menjadikan perut ini makin lapar. Harganya pun cukup ramah di kantong. Untuk Sagon bakar original harganya Rp 5.000,00 dan yang diberi misis dan susu kental manis harganya Rp 6.000,00. JANGAN SALAH! Sekali kalian mencoba, pasti ketagihan. Mungkin kalo temenku gak ada disana, udah kalap hehee..

Teksturnya unik, kasar karena parutan kelapa, namun lembut didalam karena adonan tepung beras yang saling menyatu. Gurih dan manis bersatu. WAJIB kalian coba apalagi sambil ngopi atau ngeteh. Jadi, udah siap buat coba kuliner yang satu ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here