Pengalaman Refund Kereta di KAI Access, Sukses!

0
50

Hai travelmen, apa kabar? Gimana kabarnya? Rasanya pada kangen jalan-jalan semua nih, hehe.. Postingan kali ini akan membahas tentang pengalamanku refund kereta di KAI Access. Penasaran gimana ceritanya?  Yuk simak terus..

Yap, gara-gara corona jadi gak bisa pulang kampung buat ketemu keluarga. Daripada nekat, akhirnya beberapa saat kemarin refund tiket kereta via aplikasi. Syukurlah teknologi kian maju sehingga bisa ketemu keluarga via online dengan video call. Walau begitu, jangan lupa refund tiketnya supaya uangnya bisa kita pakai buat mudik ketika sudah diperbolehkan, atau dibuat keperluan lainnya.

Awalnya memang aku juga baru pertama kali buat refund ini, soalnya selalu tepat jadwal dengan apa yang udah aku pesen. Apalagi jarang-jarang bisa naik kereta jarak jauh yang fasilitasnya enak. Naasnya lagi memang pandemi ini terjadi dengan gak disangka-sangka. Siapa yang ingin liburan tanpa ketemu keluarga kan? Rasanya engga ada. Kita semua ingin berjumpa, apalagi bagi teman-teman yang di perantauan. Berikut adalah tahapan proses pengembalian biaya tiket kereta api juga ada tanggalnya biar makin lengkap. Cus..

23 April 2020 – Mulai Refund

Aku mulai refund tiket via aplikasi KAI Access. Tiket ini ga harus yang beli di KAI Access ya. Tapi bisa juga dibeli di e-commerce atau web travel lain. Pokoknya kalian punya kode booking dan ada nama kalian di tiketnya. Kok harus ada nama kalian di tiketnya? Iya, karena untuk verifikasi dari KAI dan akan di transfer ke rekening atas nama kalian. Kokosten udah bahas cara refund tiketnya ya. Kalau kalian masih belum tau caranya, bisa kunjungi link dibawah ini

Cara refund tiket kereta di KAI Access

Postingan diatas enak untuk diikutin karena ada langkah-langkah dan gambar sehingga membantu kalian sebagai ilustrasi. Memang proses isi datanya cukup banyak, sehingga aku harap postingan diatas bisa membantu kalian.

20 Mei 2020 – Uang masuk

Udah berminggu-minggu setelah refund, akhirnya coba cek rekening yang didaftarkan untuk proses refund. Wuhh! Ternyata sudah masuk tanggal 20 Mei. Cepat atau lambatnya proses refund hingga transfer ini beda-beda ya tiap orang. Bisa jadi karena beda bank, beda waktu refund, dan lain sebagainya. Syukurlah dana kembali 100% dari pembayaran diluar biaya pemesanan. Waktu yang dibutuhkan dari awal aku refund hingga uang masuk adalah 19 hari kerja.

Bukti kirima refund
Hasil refund dikirim via rekening

Tapi ingat, bisa beda-beda ya. Berdasarkan informasi dari KAI, untuk proses refund memakan waktu 30-45 hari kerja.

Pengembalian tiket ini tidak dikenakan biaya, alias 100% uang kembali ya. Berlaku saat pandemi covid-19 dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Jadi apabila regulasi sudah kembali normal, kemungkinan akan dipotong 25% sehingga sisanya akan ditransfer ke rekening kalian. So, jangan lupa pakai fasilitas berharga ini mumpung ada kesempatan untuk dapat uang penuh dari pengembalian tiket kereta api dan bisa jaga kesehatan diri sendiri.

Kita sama-sama berharap semoga pandemi ini segera berlalu dan juga tenaga kesehatan diberikan perlindungan dan kesehatan selalu dalam menjalankan tugasnya. Jadi, kalau tidak ada keperluan lebih baik di rumah aja. Kita harga diri sendiri dan juga kawan-kawan yang sedang berjuang memerangi covid-19 ini. Kalau terpaksa harus keluar rumah, jangan lupa pakai masker dan cuci tangan setelah menyentuh barang-barang yang ada di publik. Semangat dan tetap sehat yaa!

Demikian postingan ini dibuat, semoga membantu para travelmen semuanya. Terima kasih, stay positive and keep traveling! Babai~~~

Sumber:

Foto Thumbnail oleh Ari Tri Amojo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here