Perbedaan KA Gumarang Bisnis dan Eksekutif, Worth it Gak?

8
5829

Hai travelmen, jumpa lagi di postingan kereta api berikutnya. Kali ini aku bakalan review mengenai perbedaan KA Gumarang bisnis dan eksekutif. Kereta yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen Jakarta ke Stasiun Surabaya Pasar Turi ini memang menjadi idaman banyak orang karena harganya yang cukup ramah di kantong dibandingkan dengan kereta lainnya. Mau tau gak bedanya gerbong bisnis dan eksekutif? Kira-kira lebih worth it yang mana ya? Yuk cek ulasannya..

Kereta Api Gumarang adalah kereta api yang mempunyai rute Stasiun Pasar Senen Jakarta – Stasiun Surabaya Pasar Turi (PP). Kereta ini menawarkan dua jenis gerbong yaitu gerbong eksekutif dan juga bisnis. Dengan memiliki waktu tempuh rata-rata 11 jam, Gumarang mampu melaju melewati 725 KM.

Sebenarnya kereta ini sudah pernah aku review di video youtubeku, jadi kalau kalian mau liat penampakan videonya bisa cek video berikut yaa..

KA Gumarang Bisnis rute Jakarta-Surabaya memiliki tiket seharga Rp 320.000,00 sedangkan untuk kelas eksekutif seharga Rp 450.000,00. Buat kali ini aku bakal membahas mengenai keduanya, namun saat itu aku membeli kelas eksekutif supaya bisa mereview kereta ini dengan pelayanan yang maksimal.

Kelas yang paling murah di kereta ini adalah kelas bisnis. Bedanya dengan kelas ekonomi adalah susunan bangku nya. Biasanya kalau kelas ekonomi lain, rata-rata menggunakan kursi 3-2 dengan berharap-harapan. Bedanya di KA Gumarang Bisnis ini adalah kursinya menggunakan 2-2 dan menghadap ke satu arah. Jadi lebih nyaman dan tidak berdesak-desakan. Soalnya kalau di kelas ekonomi lain pasti dengkul ketemu dengkul, iya gak? hehe..

Buat penyimpanan barang di kabin mirip dengan kelas bisnis dan ekonomi di kereta lainnya. Pendingin ruangan di tiap gerbong juga membantu agar penumpang tidak kepanasan saat melakukan perjalanan. Buat perjalanan ke Surabaya dari Jakarta dengan harga 300 ribuan, saya rasa sudah cukup worth it. Apalagi kursinya bisa dimundurkan sandarannya, jadi gak tegang 90 derajat gitu. Tapi jelas karena sandarannya gabung dengan sebelahnya, jadi harus saling pengertian ya. Biar ga rebutan naik turunin sandaran. Tapi lebih dari masalah itu, mantep kan dengan harga segini?

Gak hanya itu, kereta ini juga ada versi eksekutifnya. Ini buat kalian yang memang ingin perjalanan bisnis atau menghemat tenaga. KA Gumarang Eksekutif bisa jadi opsi pilihannya. Dengan 400 ribuan kalian bisa dapetin kursi yang empuk dan juga sandaran yang bisa diturunkan biar tidurnya enak. Oh ya tingkat empuknya yaitu empuuukkk banget! Interiornya juga terlihat elegan dan juga siap menampung barang bawaan kalian untuk perjalanan. Kelebihan lainnya adalah kalian bakal dapetin selimut di perjalanan supaya makin nyenyak tidurnya (itu aku banget sih). Jadi walaupun AC nya dingin, selimut bisa membantu kalian menemukan titik nyaman hingga sampai ketempat tujuan. Ruang kaki untuk selonjoran juga lebih luas, jadi gak mepet sama bangku depannya. Akan terasa mantep lagi kalo pas sebelahnya kosong, berasa milik sendiri hehehe.. (tapi pastiin bener-bener gaada orangnya ya, jangan jadi penumpang yang ngeselin wkwk)

Di gerbong eksekutif juga ada hiburan seperti televisi, namun saya lupa melihat apakah gerbong bisnis ada atau tidak. Untuk susunan kursi, kelas eksekutif bisa diputar balik sehingga berhadap-hadapan. Untuk kelas bisnis, saat saya berangkat kursinya tidak ada yang dibalik. Tapi info dari teman saya, bisa diputar balik juga. Kalau kalian ada info, bisa komentar dibawah ya, “apakah kursi KA Gumarang Bisnis bisa diputar balik atau engga?”

Nah buat kamar mandi, cukup bersih untuk standar kereta sih. Tapi ada bagian yang kotor dan juga karat di beberapa peralatan. Harusnya bisa jadi intropeksi manajemennya agak memberikan yang terbaik sehingga diganti yang baru. Wastafel dan sabun yang penuh jadi nilai plus tersendiri yang membuktikan hal sekecil itu tidak dilupakan. Petugas kebersihannya juga cukup sigap. Bagus!

 

 

 

 

Oke itu dulu ya review KA Gumarang kali ini, kalau kalian memang ingin menikmati perjalanan dan ingin beristirahat bisa memilih opsi kelas eksekutif. Tapi kalau kalian ingin menghemat pengeluaran dengan pelayanan yang cukup, bisa memilih KA Gumarang kelas Bisnis. Pokoknya ga bakal rugi sih. So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya..

8 COMMENTS

  1. Artikelnya padat dan bergizi. Pejalan harus sering-sering mampir ke sini sepertinya. Apalagi ada video yang dikemas dengan sangat menarik. Jadi betah baca sampai habis.

    Terima kasih, Ko. Sukses selalu dan salam hangat.

    • wah terima kasih banyak mas Adhi atas kunjungannya yaa. Speechless tiba-tiba di grebek suhu, hehee. Sebentar lagi saya bakal ke blognya mas Adhi lagi buat belajar :3

  2. Terimakasih telah menggunakan jasa layanan transportasi kereta api. ya… KA Gumarang relasi pse – sgu. kereta ini adalah kereta kelas campuran , kelas bisnis dan kelas eksekutif. mengenai fasilitas yang ada di kereta ini sebenarnya sudah standar sesuai standar pelayanan minimal. di Kereta kelas bisnis tidak ada fasilitas tv, kelas eksekutif ada fasilitas tv, tv nya pun sudah LED.

    • Terima kasih kembali kak 🙂
      Senang bisa berbagi pengalaman menggunakan KA Gumarang dengan perubahan KAI yang semakin baik. KA Gumarang sudah keren apalagi dibuat traveling ^^

  3. Untuk KA Gumarang Bisnis Kursi tidak bisa dibalik atau diputar akan tetapi sandaran kursinya bisa dipindah sehingga kursinya berhadapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here