Perbedaan KA Sancaka Ekonomi dan Eksekutif, Worth it Gak?

0
12917

Hai travelmen! Apa kabarnya nih? Semoga sehat selalu yaa.. Nah dalam postingan kali ini aku bakalan share tentang perbedaan KA Sancaka ekonomi dengan yang eksekutif nih. Tentu kereta ini biasanya berada di jam keberangkatan yang sama karena dalam satu kereta namun berbeda gerbong. Tapi apa ya bedanya? Yuk kita lihat..

Kereta Api Sancaka adalah kereta api yang mempunyai rute Surabaya Gubeng-Yogyakarta. Dengan menawarkan gerbong ekonomi dan eksekutif, kereta ini dapat menjangkau kantong penumpangnya. Perjalanan dari Surabaya ke Yogya hanya dijangkau dengan 6 jam saja, cepat sekali kan? Mungkin lebih cepat naik pesawat, namun apakah worth it?

Tentu aku ketika menulis postingan kali ini udah pernah naik kereta sancaka dong, bahkan udah belasan sampai puluhan kali karena sering transit ke Madiun dari Surabaya. Buat kalian penggemar kereta api, KA Sancaka ekonomi rute Madiun-Surabaya dapat dibeli tiketnya seharga Rp 80.000,00 sampai Rp 120.000,00 dan untuk eksekutif seharga Rp 135.000,00 sampai Rp 160.000,00 tergantung subclass yang kalian pilih. Buat kali ini kita bakal bahas yang ekonomi seharga Rp 120.000,00 dengan yang eksekutif Rp 160.000,00. Kita pilih yang paling mahal di kelasnya.

Untuk ekonomi sancaka, tempat duduknya cukup nyaman. Bahkan untuk aku yang berbadan besar pun masih muat. Ya telihat pas dengan ukuranku apalagi bagi teman-teman yang mempunyai badan ramping. Kursinya cukup empuk dan memang terlihat rapi serta bersih apabila dibandingkan dengan KA ekonomi lainnya. Selain itu, untuk kecepatan pun juga lebih cepat dibandingkan KA ekonomi lain yang biasanya memakan waktu 30 menit hingga 2 jam lebih lama. Gerbongnya termasuk baru dan sudah didukung dengan pendingin ruangan.

KA Sancaka Ekonomi

Untuk eksekutif sancaka, jauh lebih nyaman. Kalian sesekali boleh mencoba naik kereta api kelas yang satu ini. Ekonominya saja sudah nyaman apalagi eksekutifnya kan? Hal yang pertama dirasakan adalah jarak antara kursi yang lebih lebar. Nyaman buat kalian yang kakinya panjang atau bertubuh gempal sehingga muat banyak ruangan dan bisa rileks. Memang untuk satu gerbong eksekutif, kursinya lebih sedikit apabila dibandingkan dengan gerbong ekonomi. Luas kursinya pun juga lebih besar dibandingkan kelas lainnya. Menurut saya ini cukup worth it kalo kalian mau rileks dan beristirahat dengan nyaman saat di kereta. Pendingin ruangan dan ruang kabin yang lebih besar pun jelas terlihat. 

KA Sancaka Eksekutif

Kedua kelas ini menurutku juara apabila dibandingkan dengan kereta api lainnya. Harganya pun masuk akal tanpa ikutan goshow, memang kereta ini seringkali habis dipesan apalagi saat liburan karena fasilitasnya yang cukup keren. Kamar mandinya pun cukup bersih dan petugas kebersihan sering melakukan tugasnya membersihkan kamar mandi maupun gerbong. 

Toilet KA Sancaka

Nah, kebetulan ada beberapa kondisi worst case yang aku alami. Saat itu kamar mandi di gerbong belakang mampet, petugas kebersihan segera menutup kamar mandinya dan mengarahkan ke kamar mandi di gerbong depannya. Hal ini ditujukan untuk menjaga pelanggan agar tidak kecewa.

Bahkan saat KA Sancaka kecelakaan di Ngawi beberapa waktu lalu, keterlambatan pun tidak bisa dihindarkan. Ada yang terlambat sampai 12 jam di hari pertama untuk semua kereta. Saat itu aku mau kembali dari Madiun ke Surabaya dan mengalami keterlambatan hingga 4 jam dari waktu keberangkatan.

Keterlambatan di Stasiun KA Madiun

Manajemennya cukup profesional entah dari KAI atau KA Sancaka-nya. Saat itu aku dapet kompensasi makanan ringan beserta minuman yang dibagikan ke seluruh penumpang. Kondekturnya pun datang ke tiap gerbong dan meminta maaf berkali-kali baik secara langsung maupun di pengeras suara. Menurutku ini sangat profesional dan sangat baik dalam menjaga kerekatan dengan pelanggannya. Namun, biasanya saya tidak pernah mendapatkan gerbong dengan kursi 2-2 hadap-hadapan dan digerbongku saja yang isinya itu. Entah karena efek kecelakaan atau apa. Yang pasti cukup aneh karena biasanya aku bayar dengan harga dan fasilitas yang sama.

Petugas Membagikan Kompensasi Keterlambatan
Hasil Kompensasi yang didapatkan dari KA Sancaka, Makanan ringan dan air mineral
Kondektur mengecek tiket KA dan sekaligus meminta maaf. Didepannya ada petugas yang membagikan kompensasi makanan.
Gerbong KA Sancaka ekonomi yang tidak seperti biasanya, tapi nyaman karena gerbongnya baru sepertinya

Demikian review KA Sancaka kali ini, tentu kalau buru-buru dan kalian punya budget yang cukup banyak kalian bisa pakai pesawat. Namun kalo kalian gak buru-buru dan ingin menikmati perjalanan, KA Sancaka bisa jadi pilihan kalian nih. So, enjoy it!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here