QRIS Cross-Border, Memudahkan Pelancong ke Luar Negeri dan Peluang Bisnis bagi Pemilik Toko!

0
27
Ilustrasi 1. QRIS Cross-Border menggunakan metode inquiry untuk mendapatkan kurs mata uang secara bersaing

Pembayaran digital di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat seiring pulihnya ekonomi Indonesia pasca pandemi covid-19. Bank Indonesia menyatakan bahwa nilai transaksi uang elektronik diproyeksikan meningkat 23,9 persen dibandingkan 2022 hingga mencapai Rp495,2 trilyun di 2023[1]. Transaksi digital di Indonesia menjadi penopang naiknya angka pembayaran digital dengan akseptasi serta preferensi masyarakat dalam berbelanja secara daring. Tak hanya itu transaksi digital juga ditopang dengan pembayaran pengguna penyedia jasa pembayaran (PJP) ke toko luring (offline) secara langsung. Sebagai contoh ketika pembeli sedang mengunjungi pusat perbelanjaan, pembayaran melalui QRIS untuk membeli pakaian, makanan, bahkan jasa pun juga sudah menjadi hal yang lumrah.

Adaptasi pembayaran digital melalui QRIS menjadikan gebrakan baru dari sistem konvensional sebelumnya. Ingatkah kalian? Dahulu kita perlu melakukan scan ke masing-masing QR yang ada di toko. Apabila kita memiliki aplikasi A maka harus menggunakan QR toko yang disediakan oleh aplikasi A. Dengan adanya QR Code Indonesian Standard (QRIS) kita tidak perlu memakai aplikasi khusus untuk membayar QR tertentu melainkan dapat menggunakan semua jenis aplikasi pembayaran. Tentu peran Bank Indonesia sangat membantu dalam hal meningkatkan efisiensi sistem pembayaran. Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) memudahkan baik pemilik usaha dan konsumen dengan “Satu QR untuk Semua”. Pemilik tokopun juga terbantu dengan adanya QRIS karena dapat melakukan pemantauan hanya dari QRIS saja sehingga lebih cepat ketika melayani pelanggan.

Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran dengan QRIS di lingkup dalam negeri pada akhirnya berhasil diterapkan juga untuk skala ASEAN dengan nama QRIS Cross-Border. Kita tidak hanya dapat melakukan pembayaran ke toko yang ada di Indonesia, namun juga bisa bayar di Thailand dan Malaysia! Keren banget kan! Proyeksi kedepannya, QRIS Cross-Border akan mendukung pembayaran di dan dari Singapura dan Filipina. Gagasan ini diwujudkan oleh Bank Indonesia untuk menyongsong misi keketuaan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama ekonomi negara-negara ASEAN. Dengan adanya QRIS Cross-Border, kita dapat melakukan pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif. Lantas, mengapa QRIS Cross-Border ini keren banget?

”Anti Ribet” Tukar Uang Saat Jalan-Jalan!

Buat kamu yang pertama kali ke luar negeri, Malaysia dan Thailand mungkin jadi salah satu daftar negara yang kalian pilih. Malaysia memiliki budaya yang mirip dengan Indonesia karena kita adalah saudara serumpun. Thailand juga menyajikan budaya yang unik sehingga terasa ada kesan berbeda tanpa perlu jauh ke Benua Eropa. Bagi para pelancong yang sering keluar negeripun, negara-negara tersebut juga punya candu khusus untuk terus dikunjungi, kan? Tapi seringkah kalian merasa ribet karena bingung harus bawa uang berapa? “Duh kalau duit cashnya gak cukup bagaimana ya? Kalau kehabisan waktu belanja harus tukar dimana ya?”, kalimat yang biasanya sering terdengar waktu mau jalan-jalan ke luar negeri. Nah dengan adanya QRIS Cross-Border bisa mengurangi rasa takut kalian waktu jalan-jalan keluar negeri. Kurs mata uang yang digunakan pun juga bersaing dengan penukaran uang secara langsung. Oh ya! Kurs mata uang yang digunakan juga lebih terbaru karena selalu mengirimkan metode inquiry sebelum kita melakukan pembayaran. Jadi, bisa saja saat pagi kita belum tukar uang, lalu dengan menggunakan QRIS Cross-Border, nilai tukar mata uangnya lebih bersaing. Jadi lebih murah!

Ilustrasi 1. QRIS Cross-Border menggunakan metode inquiry untuk mendapatkan kurs mata uang secara bersaing

Praktis dan Mudah

Untuk menggunakan fitur QRIS Cross-Border tidak perlu untuk memasang aplikasi khusus. Kita bisa menggunakan aplikasi pembayaran yang biasa kita pakai di Indonesia (Mandiri, BNI, BRI, BCA, BSI, CIMB, BPD, Gopay, Ovo, Dana, LinkAja, Shopee, dan lain-lain). Fitur ini juga sudah terintegrasi di aplikasi sehingga dapat menghubungkan dengan sumber dana yang biasa kita pakai seperti: rekening tabungan, kartu debet, uang elektronik maupun kartu kredit.

Aman dan Terjamin

Penyedia jasa pembayaran yang mendukung QRIS Cross-Border pun juga selalu diawasi oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Sehingga dana yang kamu bayarkan akan selalu aman dan sampai di toko tujuan. Kalian juga tidak perlu takut terkena penipuan uang palsu yang dibeli di negara tujuan. Salah satu rasa khawatir karena tertipu uang palsu pun juga berkurang. Jadi jangan ragu buat pakai QRIS Cross-Border karena teknologi keamanannya canggih sehingga pasti aman dan terjamin.

Tidak Hanya Pengguna, Kalau Punya Merchant juga Bisa Ikutan!

Transaksi cross border tidak hanya berlaku buat kalian yang ingin pergi ke luar negeri namun juga sangat berguna untuk kalian yang punya merchant / toko. Dengan adanya QRIS Cross-Border kalian juga bisa menjangkau pembeli dari dalam negeri maupun luar negeri. Kok bisa?

Ilustrasi 2. Daftar negara wisatawan mancanegara yang mengunjungi Indonesia

Data dari Badan Pusat Statistik pada September 2023 menyatakan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia meningkat sejumlah 52,76% dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Wisatawan mancanegara tersebut didominasi oleh wisatawan yang berasal dari Malaysia (14,22%), Australia (13,09%), dan Singapura (10,72%)[2]. Hal ini adalah kabar baik untuk kalian yang punya toko dengan QRIS yang disediakan oleh Penyelenggara Bank & Non Bank di Indonesia karena sudah dapat menerima pembayaran dari luar negeri. Terlebih dua diantara tiga wisatawan mancanegara yang mendominasi Indonesia diatas berasal dari Malaysia dan Singapura yang merupakan anggota ASEAN.

Saat ini QRIS sudah dapat menerima pembayaran dari Malaysia dan Thailand dan akan menyusul untuk negara Singapura dan Filipina sehingga ini adalah peluang bisnis yang sangat bagus untuk menjangkau pelanggan dari luar negeri. Sebagai contoh, saya meminta rekan saya yang merupakan warga negara Malaysia untuk melakukan pembayaran ke QRIS toko saya yang diterbitkan oleh ShopeePay dan taraa! Pembayaran dapat diterima saat itu juga seperti menerima pembayaran dari dalam negeri. Canggih sekali kan?

Ilustrasi 3. Toko saya berhasil menerima pembayaran dari pembeli Malaysia. Pembeli menggunakan aplikasi Touch n Go (Malaysia) dan saya menggunakan Toko ShopeePay

Bukan hanya bisa menerima pembayaran dari wisatawan atau orang dari luar negeri saja, dengan QRIS ini toko juga mempunyai laporan harian yang bisa didapatkan dari penyedia jasa pembayarannya (PJP) sehingga kita bisa mengetahui transaksi ini dari domestik maupun mancanegara. Laporan yang diberikan oleh PJP juga memiliki format yang lengkap, contohnya adalah laporan dari toko yang saya pakai saya bisa mengetahui kapan terjadinya transaksi, penerbit apa yang melakukan pembayaran, dari toko mana saja, dan juga metode pembayarannya. Data-data ini yang dapat saya gunakan untuk pemetaan transaksi kedepannya dalam memutuskan promosi. Apabila transaksi lebih banyak di daerah tertentu, maka saya bisa memaikkan promosi toko secara spesifik secara geografi. Sedangkan untuk data penerbit, saya bisa mengetahui apakah promosi kepada pelanggan dari luar negeri ini efektif atau tidak untuk keberlanjutan kedepannya. Tentu dengan adanya QRIS Cross-Border ini memberikan peluang dan wawasan baru yang belum di-eksplor sebelumnya. Pemilik bisnis perlu menyadari peluang baik yang ditawarkan oleh Bank Indonesia dalam mendorong digitalisasi ekonomi.

Secara praktis, QRIS Cross-Border juga membantu pemilik toko dalam mencegah adanya transaksi dengan uang palsu. Banyaknya kejahatan dan kriminalitas tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik toko. Namun dengan adanya QRIS dan QRIS Cross-Border, transaksi dengan uang palsu dapat dihindarkan bahkan transaksi bisa langsung masuk ke aplikasi pembayaran yang dikelola toko. Pada gambar ilustrasi 3 saya berhasil menerima transaksi bahkan di waktu yang sama saat setelah pembeli dari Malaysia berhasil melakukan pembayaran. Jadi tidak ada rentang waktu. QRIS juga memudahkan operasional kasir karena tidak perlu memberikan uang kembalian kepada pelanggan dan pencatatannya sangat akurat. Benar benar cepat dan praktis seperti yang dijanjikan oleh Bank Indonesia!

Melihat peluang yang ada dengan QRIS Cross-Border dan juga kelebihan yang ditawarkan, besar harapannya kita bisa juga meluaskan koneksi pembayaran ke Singapura dan Filipina secepatnya. Kemudahan yang ditawarkan ini tak hanya berlaku untuk pelancong (pengguna) yang ingin keluar negeri, namun juga dapat memberikan peluang bisnis bagi pemilik toko.  Peran dari pemerintah juga sangat dibutuhkan untuk menyusun strategi edukasi untuk mensosialisasikan QRIS Cross-Border ke masyarakat dan pemilik bisnis agar lebih menjangkau banyak pengguna. Hal ini juga akan berdampak pada naiknya ekonomi Indonesia kedepannya dan tingkat adaptasi masyarakat terhadap pembayaran digital. Semoga kelak QRIS Cross-Border dapat terus meluas koneksinya ke negara-negara ASEAN lainnya dan juga diluar ASEAN agar pengguna aplikasi dan pemilik bisnis juga dapat merasakan manfaat dan mengeksplorasi pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepannya.

“QRISnya satu, menangnya banyak!”

REFERENSI

[1]      Indonesia.go.id, “Transaksi Uang Elektronik Melejit,” 2023. Diakses pada: 5 November, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/6855/transaksi-uang-elektronik-melejit?lang=1

[2]      Badan Pusat Statistik, “Kunjungan wisatawan mancanegara pada September 2023 tumbuh 52,76 persen bila dibandingkan bulan yang sama pada tahun lalu.” Diakses pada: 5 November 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/pressrelease/2023/11/01/2047/kunjungan-wisatawan-mancanegara-pada-september-2023-tumbuh-52-76-persen-bila-dibandingkan-bulan-yang-sama-pada-tahun-lalu.html

Artikel ini dibuat oleh Stanley Wijaya sebagai participant of BI Digital Content Competition 2023. Bentuk Gerakan untuk mendukung edukasi QRIS Cross-Border di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here