Review Bus Primajasa dan Bus Saluyuprima, Pilih Mana?

0
59
Perbedaan Bus Primajasa dan Bus Saluyuprima

Hai travelmen! Jumpa lagi bersama kokosten yang kali ini akan membahas salah satu armada darat yaitu bus. Postingan kali ini akan membahas perbedaan bus Primajasa dan bus Saluyuprima. Kira-kira apa ya beda dan fasilitas yang didapatkan? Yuk simak pembahasannya..

Awalnya aku memilih armada ini berdasarkan pilihan temanku yang sudah biasa bepergian menggunakan bus ini. Beberapa waktu lalu kami ingin mendaki Gunung Papandayan yang ada di Garut. Jadi kami memilih bus Primajasa karena poolnya yang ada di daerah Ciputat, Tangerang Selatan (gak terlalu jauh dari domisili kami sekarang).

Setengah 9 kami berangkat dari BSD menuju ke Ciputat. Sesampainya disana, sudah ada bus yang siap berangkat. Akhirnya kami pun memasuki tas kami di bagasi dan siap berangkat. Oh ya, bus Primajasa yang kami tumpangi ini adalah bus AC ekonomi.

Pengalaman Naik Bus Primajasa (Bus AC Ekonomi)

bus primajasa ac ekonomi
Bus Primajasa AC Ekonomi (Sumber: primajasa.co.id)

Pukul 21.26 bus Primajasa berangkat dari pool Ciputat. Susunan kursinya adalah 2-3 dan mempunyai fasilitas AC. AC nya ada yang bisa ditutup, ada juga yang sudah desain terbuka. Buat kalian yang ga suka kena paparan AC langsung, bisa pilih kursi yang tidak langsung dibawah AC. Bisa juga pilih yang bagian lorong karena bagian jendela biasanya langsung terkena AC dari sisi atas.

kursiekonomi bus primajasa
Kursi AC Ekonomi Bus Primajasa (Sumber: primajasa.co.id)

Kebetulan badanku besar dan suka dipinggir, jadi aku pilih susunan yang 2 kursi. Langsung senderan dan tidur. Bus Primajasa ini punya beberapa kelebihan. Walaupun bus ini ekonomi, namun AC nya totalitas loh. Tidak berasa kalau sedang naik bus ekonomi karena dingin dan gak pengap. Aku yang dari kemarin tidak bisa tidur pulas, akhirnya menyenderkan kepala di sandaran dan tidur dengan mudah. Sesekali juga menyenderkan diantara sandaran kepala dan jendela buat cari posisi wuenak. Kursinya bulan reclining seat yang bisa diatur kemiringannya, tapi bagiku ini sudah nyaman posisinya. Approved by kokosten sampai tidur pulas!

Kekurangan dari bus Primajasa ini hampir gak ada sih menurutku. Apalagi yang aku hanya tidur di kursinya dari pool Ciputat sampai terminal terakhir yaitu Garut. Adapun juga bukan kekurangan seutuhnya. Contohnya kata teman-temanku sopirnya bawanya memang cepat jadi terkesan menakutkan. Tapi karena itu, kami sampai di tujuan lebih cepat dan teman-teman bisa sholat subuh terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke Papandayan.

Buat smoking area yang ada di bagian belakang bus ini, aku lupa-lupa ingat ada atau engga. Kalo dari foto diatas sih ada yaa.. Soalnya pas itu kondisinya gelap banget dan aku ngantuk. Jadi gak tau deh hehehe..

Kalau travelmen tau ada smoking area apa enggak di Bus Primajasa AC Ekonomi ini bisa komentar dibawah yaa ^^

Jadi bus yang aku naikin kemarin dari Ciputat-Gresik bisa dibilang cepat sih.

Bus berangkat dari pool Ciputat pukul 21:26

Sampai di Terminal Guntur Garut pukul 03:49

Durasi: 6 jam 23 menit (Durasi perjalanku waktu itu, bisa jadi beda dengan waktu perjalanan kalian)

Tips buat travelmen!

  1. Siapkan jaket buat kalian yang gak tahan dingin. Mempersiapkan lebih baik daripada menyesal gak bawa lalu kedinginan. Malah gabisa tidur deh..
  2. Buang air kecil atau besar sebelum naik bus supaya tidak terjadi hal yang gawat

Fasilitas Bus Primajasa (Bus AC Ekonomi)

Bus Primajasa punya beberapa fasilitas yang ditawarkan ke penumpangnya, antara lain:

  1. AC
  2. Susunan kursi 2-3 (59 kursi)
  3. Tarif kawasan

Tarif Bus Primajasa (Bus AC Ekonomi)

Tarif bus Primajasa ini dari Garut-Lebak Bulus senilai Rp 52.000,00. Ini murah banget apalagi dengan AC ekonomi seat 2-3 via Tol Cipularang.

Asal
Tujuan
Tarif
Garut
Cicalengka/Dangdeur
Rp 10.000,-
Garut
Cileunyi
Rp 17.000,-
Garut
Rest Area KM 125
Rp 22.000,-
Nagreg/Cicalengka
Cileunyi
Rp 10.000,-
Nagreg/Cicalengka
Rest Area KM 125
Rp 15.000,-
Nagreg/Cicalengka
Lebak Bulus
Rp 46.000,-
Cileunyi
Rest Area KM 125
Rp 5.000,-
Cileunyi
Lebak Bulus
Rp 40.000,-

Catatan:

  • Harga diatas adalah harga dari-ke ataupun sebaliknya (pertanggal 13 Oktober 2019)

Jadwal Keberangkatan Bus Primajasa (Bus AC Ekonomi)

Bus Primajasa yang memiliki rute Garut-Lebak Bulus melalui:

Tol Cipularang – Ps.Rebo/Kp. Rambutan – Cilandak – Fatmawati – Lebak Bulus

Terminal Garut
Terminal Lebak Bulus
Jam 04.00 – 17.30 (tiap 20 menit)
KECUALI SENIN/SETELAH HARI LIBUR
MULAI JAM 03.00
Jam 05.00 – 21.00
Tiap 30 menit*

Catatan:

  • Singgah di Cileunyi arah Jakarta kurang lebih 70 menit dari keberangkatan di Terminal Garut

Pengalaman Naik Bus Salayuprima (Bus AC Bisnis)

Bus Saluyuprima
Bus Saluyuprima oleh @tedi59_rahmadi

Pulang dari pendakian, kami kembali ke Terminal Guntur Garut dan mencari bus pulang ke Tangerang Selatan. Akhirnya kami menemukan bus Saluyuprima yang menuju ke Ciputat. Penasaran dengan tampilan yang serupa dengan Bus Primajasa, kami pun bertanya:

“Ini sama kaya (bus) Primajasa ya mas”, tanya kami ke kondektur.

“Iya mas, cuma beda merek kok. Satu naungan yang sama”, jelas kondekturnya kepada kami.

Walaupun begitu, bus Salayuprima ini beda dengan bus Primajasa. Susunan tempat duduknya 2-2 dan lebih empuk. Jarak antar masing-masing deretan kursi juga lebih lebar. Playlist lagunya juga lebih asik mantap! Bisa tidur nyenyak pokoknya naik bus yang satu ini. Ada smoking area untuk kursi yang terletak di bus bagian belakang.

Fasilitas Bus Salayuprima (Bus AC Bisnis)

susunan kursi bus saluyuprima

Bus Salayuprima punya beberapa fasilitas yang ditawarkan ke penumpangnya, antara lain:

  1. AC
  2. Susunan kursi 2-2 (45 kursi)
  3. Reclining Seat
  4. Tarif Kawasan
  5. TV

Yang paling mengesankan, di bus ini juga ada smoking area yang ditempatkan di seat belakang. Awalnya aku gatau, jadi milih tempat duduk yang agak belakang. Seiring orang keluar masuk, bau asapnya juga menyengat. Jadi tips buat kalian, lebih baik cari kursi agak depan atau tengah apabila gak pengen mencium aroma asap dari kawasan smoking area yang ada di belakang.

kursiacbisnis bus saluyuprima
Kursi AC Bisnis Bus Saluyuprima (Sumber: primajasa.co.id)

Kelebihan bus Salayuprima menurutku adalah kursinya yang nyaman. Bisa diatur sesuai kemiringan yang diharapkan. Playlist lagunya juga ga kuno dan malah easy listening. Seleranya mantap! Pembawaan armada bus ini juga nyaman buat penumpang.

Bus berangkat dari Terminal Guntur Garut pukul 15:25

Sampai di Pool Ciputat pukul 22:32

Durasi: 7 jam 7 menit (Durasi perjalanku waktu itu, bisa jadi beda dengan waktu perjalanan kalian)

Tarif Bus Saluyuprima (Bus AC Bisnis)

Bus Saluyuprima AC Bisnis
Bus Saluyuprima AC Bisnis (Sumber: primajasa.co.id)

Tarif bus Primajasa ini dari Garut-Lebak Bulus-Ciputat senilai Rp 60.000,00. Hanya selisih sedikit dibandingkan dengan tarif bus ekonomi. Dilengkapi dengan AC serta seat 2-2 via Tol Cipularang aku sih bisa tidur dengan nyenyak dan memang worth it!

Asal
Tujuan
Tarif
Garut
Lebak Bulus/Ciputat
Rp 60.000,-
Cileunyi
Lebak Bulus/Ciputat
Rp 50.000,-
Garut
Cileunyi
Rp 15.000,-

Catatan:

  • Harga diatas adalah harga dari-ke ataupun sebaliknya (pertanggal 13 Oktober 2019)

Kesimpulan

Harga bus ini tidak jauh beda. Bus Primajasa mempunyai tarif Rp 52.000,00 untuk bus AC ekonomi sedangkan Bus Salayuprima mempunyai tarif Rp 60.000,00 untuk bus AC bisnis. Kalau aku diminta memilih, lebih baik naik bus Salayuprima karena hanya selisih harga sedikit namun lebih nyaman.

Tapi kalau ternyata jadwalnya atau di pool ternyata ada bus Primajasa yang sudah siap berangkat, akupun juga gak ragu buat naik bus Primajasa kok. Bus Primajasa dan bus Salayuprima, aku bisa kasih rekomendasi ke kalian. Semuanya, worth it banget!

Nah, itu dulu ulasan tentang bus Primajasa dan bus Salayuprima. Kalau kalian lebih suka naik yang mana nih? So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya. Babai~~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here