Review Travel Jackal Holidays BSD-Bandung-BSD, Worth it Gak?

0
183
Jackal Holidays Luxury Shuttle

Hai travelmen! Kembali lagi bersama Kokosten yang kali ini bakalan sharing pengalaman ke Bandung kemarin dengan armada travel Jackal Holidays. Perjalanannya dimulai dari BSD ke Bandung dan esok harinya pulang dari Bandung ke BSD. Mau tau review armada dan pelayanannya apa saja? Yuk simak terus artikelnya..

Beberapa minggu lalu aku lagi mau ke Bandung karena ada acara. Kalau naik kereta beberapa jadwalnya sudah habis dan bahkan di hari Minggu saat pulang udah ludes. Pilihan berikutnya adalah naik kendaraan umum yaitu bus. Oh ya, sekarang aku berdomisili di BSD ya. Jadi kalau mau naik bus ke Bandung biasanya dari Terminal Kampung Rambutan. Jauh banget dari BSD kan?

  1. Naik ojek ke St. Rawa Buntu
  2. Naik KRL dulu dari St. Rawa Buntu ke St. Pasar Senen
  3. Transit di Pasar Senen dan mengambil KRL jurusan St. Pasar Minggu atau Tanjung Barat.
  4. Abis itu naik ojek online menuju Terminal Kampung Rambutan

Waktu yang dibutuhkan ga fleksibel dan bergantung satu sama lain. Ibarat ga dapet jadwal KRL yang di jam itu, harus nunggu lagi. Yang berarti harus milik bus dengan jadwal selanjutnya.

“Sten, kenapa ga naik travel aja?”, kata temanku yang asli orang Bandung

“Lah iya, kok baru kepikiran yaa..”, jawabku kagum dapat solusi cemerlang dari temanku.

Pencarian barupun dimulai. Akhirnya coba cari via website booking berlogo burung biru. Ada beberapa pilihan penyedia jasa travel dari Tangerang Selatan (BSD) ke Bandung. Bedanya adalah harga, jadwal, dan fasilitas yang diberikan.

Ketakutan yang sering terpikirkan adalah “waduh, bakal desak-desakan di mobilnya lagi nih. Dempet-dempetan!”. Apalagi beberapa travelmen juga mengalami hal yang sama. Akhirnya ketemu sama salah satu travel yang punya fasilitas tempat duduk yang nyaman dan harga yang terjangkau yaitu Jackal Holidays.

Tenang. Postingan ini adalah review jujur yang tidak dibayar atau di-endorse oleh pihak mereka. Jadi segala kata-kata positif akan tetap keluar, ulasan negatif jugakalo emang ada ya gak bakal ditutup-tutupin. Semua buat kalian yang baca ini agar membantu perjalanan kalian.

Proses Sebelum Keberangkatan

Pemesanan tiket via website booking pun sudah dilakukan. Aku sengaja ambil jadwal paling pagi dari BSD yaitu hari Sabtu jam 05.00 WIB supaya bisa ambil waktu jalan-jalan disana. Kenapa ga hari Jumat? Masih butuh persiapan soalnya abis pulang kerja banget kan hehee..

Jackal Holidays Traveloka

Dengan harga yaitu Rp 112.125 bisa dibilang masih terjangkau di kisaran kompetitornya. Penyedia jasa lain rata-rata memberikan harga mulai dari 80 ribu hingga 145 ribu rupiah. Apalagi keberangkatannya juga dari BSD jadi tidak perlu jauh-jauh dari kos kan? Praktis deh tinggal naik ojek online dan sampai.

Jackal Holidays ini bisa dibilang sebagai pemain baru. Jadi masih jarang yang tau dan juga bingung cari referensi kemana. Apalagi keberangkatan dari BSD bingung darimananya. Sehingga aku coba menghubungi contact center nya dan ternyata belum punya WA. Haruslah SMS atau telepon langsung. Iseng-iseng aku coba sms apakah dibalas, ternyata sampai di hari keberangkatan pesan tersebut belum dibalas. Otomatis aku masih belum tau shuttle Jackal Holidays BSD ini sebelah mana. Hingga malamnya, aku cek web bookingnya dan maps yang diberikan ada update deskripsi yaitu “Di Depan Pintu Masuk Utara ITC BSD”. Hmm dimanakah utara itu?

Denah ITC BSD - Jackal Holidays (versi asumsi)

Ternyata anggapan itu SALAH. Anggapan yang aku pikirkan seperti gambar diatas jadi buat jalan kaki keliling ITC. Kok bisa?

Keberangkatan Tangerang Selatan (BSD) – Bandung (Jl. Dipatiukur)

Pukul 04.15 aku berangkat dari kos menggunakan ojek onlineĀ ke ITC BSD. Setelah sampai disana, kami bingung soalnya gak menemukan pintu masuk utara. Hingga bolak-balik ke bagian samping dan belakang gedung. Justru malah ketemunya dengan mobil travel dari agen lain. Maklum, aku buta arah buat masalah ini. Selain itu, juga di google maps belum ada lokasi yang tepat dari lokasi Jackal Holidays.

Daripada lama-lama kasihan bapak ojek onlinenya, akhirnya aku memutuskan untuk turun di dekat mobil travel agen lain. Aku jalan menyusuri suasana pagi yang masih gelap. Hingga menuju ke arah jalan raya ke jembatan ITC dan akhirnya! Sebuah lokasi unik bertuliskan “Jackal Holidays Shuttle” di sebuah kontainer biru berhasil ditemukan.

Denah ITC BSD - Jackal Holidays

Jackal Holidays BSD

Memang agak sulit menemukan lokasi bewarna biru tua ini di kegelapan pagi. Akupun memberanikan diri untuk masuk ke kontainer tersebut dan disambut hangat oleh petugas check in tiket. Petugas meminta kode booking dan tanda pengenal untuk memvalidasi tiket.

“Ini mas..”, petugas menyodorkan tanda bukti cetak tiket beserta satu botol air mineral berukuran 600ml.

“terima kasih”, jawabku sembari mengambil barang yang diberikan.

Sambil menunggu jadwal keberangkatan, ruang tunggunya juga ada sofa untuk duduk dan juga pendingin ruangan agar nyaman. Memang ada harga ada rupa sih. Jarang banget aku naik travel namun ruang tunggunya nyaman. Tapi di ruang tunggu Jackal Holidays ini, nyaman banget!

Ruang tunggu jackal holidays bsd

Lepas dari jam 5, belum ada tanda-tanda kemunculan dari mobil travel. Penumpang yang nunggu disana berkali-kali buka handphone dan cek jam tangannya. Ada juga yang saling lihat-lihatan. Mobil dari Jackal Holidays baru terlihat jam 05:10 dan petugas mempersilakan penumpang untuk masuk sesuai dengan urutan bangku yang telah diberikan.

Berangkat dari Jackal Holidays BSD: Pukul 05:10 WIB

Sampai di Jackal Holidays Jl. Dipatiukur (Dipatiukur Pusat): Pukul 09:58 WIB

Hari: Sabtu

Durasi: 4 jam 48 menit

Fasilitas Jackal Holidays Travel

Fasilitas Jackal Holidays
Fasilitas Jackal Holidays (2)

Dengan Rp 112.125,- aku mendapatkan fasilitas yang cukup mewah dari Jackal Holidays, diantaranya:

  • Air mineral
  • Recliner Seat (kursi yang dapat direbahkan)
  • Socket USB untuk mengisi daya handphone
  • Air Conditioner diatas masing-masing penumpang yang dapat ditutup maupun dibuka. Juga bisa dimiringkan dengan sudut tertentu supaya tidak terkena angin langsung.

Harga segini sesuai banget dengan apa yang didapatkan. Bisa menikmati perjalanan walaupun kalah cepat dibandingkan kereta. Apalagi waktu itu di mobil aku tidur terus karena kelelahan. Cocok pokoknya, hehe ^^v

Pulang dari Bandung (Jl. Dipatiukur) – Tangerang Selatan (BSD)

Belum puas sih jalan-jalan di Bandung tapi memang harus masuk kerja besok. Aku kembali ke lokasi Jackal Holidays yang ada di Jalan Dipatiukur, Bandung dan segera check in. Setelah dapat kertas dan air mineral, lalu aku duduk di ruang tunggu. Ini ruang tunggunya super duper nyaman dibandingkan sebelumnya. Ada sofa di pinggir dan tempat duduk biasa di tengah. Bisa muat banyak orang! Jadi memang agen ini mengutamakan kenyamanan penumpang mulai dari sebelum keberangkatan hingga sampai keberangkatannya.

Ruang tunggu jackal holidays dipatiukur

ruang tunggu jackal holidays dipatiukur

Hal yang menarik perhatianku adalah petugas keamanannya yang sigap membantu penumpang yang datang dan pergi sembari melakukan tugasnya dibidang keamanan. Jadi ada ibu-ibu yang datang bawa koper besar, beliau (petugas keamanan) membantu ibunya dengan membawa kopernya. Juga ketika memberitahukan penumpang di ruang tunggu tentang jadwal keberangkatan mobil travelnya. Keren banget, berkah selalu ya Pak!

Berangkat dari Jackal Holidays Jl. Dipatiukur (Dipatiukur Pusat): Pukul 18:00 WIB

Sampai di Jackal Holidays BSD: Pukul 23:20 WIB

Hari: Minggu

Durasi: 5 jam 20 menit

Kelebihan Jackal Holidays

Kelebihan armada Jackal Holidays adalah kebersihan dan kenyamanannya. Bersih karena memang ga ada sampah yang berserakan maupun tertinggal karena penumpang sebelumnya. Sepertinya mereka punya SOP bagus untuk masalah kebersihan armada.

Selain itu kenyamannya. Dengan penempatan kursi 2-2-3 membuat jarak antar penumpang tidak berdempetan dan bisa lebih leluasa buat mengatur posisinya tubuh. Seat nya juga bisa dinaik-turunkan kemiringan sandarannya jadi benar-benar bisa fleksibel.

Apresiasi juga dengan waktu keberangkatan dari Dipatiukur yang sudah siap sebelum jam keberangkatan.

armada jackal holidays kursi jackal holidays

Interior jackal holidays

Seat lever jackal holidaysCharging port jackal holidays

Tips untuk Travelmen

Kokosten bakal ngasih tips buat kalian supaya bisa nyaman menggunakan jasa dari agen ini, berikut adalah tipsnya:

  1. Kalau kalian ingin murah, bisa pesan lewat aplikasi booking online. Harganya selisihnya lumayan. Namun, kalian gak bisa pilih kursinya dan baru tau waktu check in sebelum keberangkatan
  2. Kalau kalian ingin memilih kursi, bisa pesan lewat Tiketux mobile apps dan website Tiketux. Harganya bisa lebih murah dari aplikasi booking online lainnya. Juga bisa pilih kursi yang diinginkan.
  3. Jackal Holidays juga menyediakan website maupun aplikasinya sendiri. Bisa pilih kursi yang diinginkan, namun harganya bisa jadi lebih mahal dibandingkan website lainnya.

pilih kursi berangkat jackal holidays

Saran untuk Jackal Holidays

  1. Harus komitmen dengan waktu keberangkatan. Contoh jam keberangkatan di BSD yang telat 10 menit.
  2. Estimasi waktu sampai di website booking juga bisa diupdate dengan waktu sampai rata-rata. Apabila waktu sampai rata-rata weekdays dan weekend beda, juga bisa diupdate agar penumpang bisa
  3. Kebersihan kamar mandi di cabang Dipatiukur tolong diperhatikan. Saat itu agar kotor dan kurang terawat. Akan lebih nyaman kalau kamar mandinya semakin bersih. Bisa menambah value proposition buat Jackal Holidays.

Demikian review agen travel Jackal Holidays. Overall aku merekomendasikan Jackal Holidays ini apabila kalian ingin bepergian ke Bandung maupun sebaliknya dengan nyaman. Semoga postingan ini bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan ya. So, stay positive and keep traveling! Sampai jumpa di postingan berikutnya…

Sumber foto: dokumentasi pribadi & media sosial Jackal Holidays

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here