Tips Liburan ke Seoul Bersama Keluarga

0
32
Tips jalan-jalan ke Seoul
Photo by Stéphan Valentin on Unsplash

Jalan-jalan ke luar negeri emang punya sensasi tersendiri. Beda rasanya bila dibandingkan jalan-jalan di negara sendiri karena kita seperti memasuki “dunia baru”. Soalnya di negara tujuan sama sekali gak ada yang kita kenal atau ada batasan lainnya. Nah, jangan sampai liburan kalian jadi bikin badmood ya. Kali ini kokosten bakal kasih beberapa tips jalan-jalan ke Seoul. Yuk simak tipsnya!

  1. Cari penginapan dekat dengan lokasi transportasi umum

Biaya menggunakan tranportasi umum di Korea lebih murah dibandingkan armada lainnya. Misalnya biaya perjalanan menggunakan kereta lebih murah dibandingkan bus ataupun taksi. Apalagi buat kalian yang mau traveling hemat, tranportasi umum bisa jadi pilihan utama kalian. Tips ini bisa kalian pakai mulai dari tiba di Bandara Incheon ke tempat penginapan sehingga bila dekat dengan transportasi umum akan lebih murah aksesnya.

  1. Cari penginapan yang ada fasilitas microwave

Tips ini bersifat opsional ya. Kalau kalian suka wisata kuliner, bisa abaikan tips ini karena pasti kalian akan mengeluarkan dana yang lebih untuk coba kuliner di Seoul. Namun kalau kalian mau berhemat karena mengincar lokasi wisata yang lebih banyak, tips ini bisakalian pakai. Biasanya ada penginapan di Korea yang menyediakan fasilitas dapur bersama sehingga kalian bisa memasak atau menghangatkan makanan. Jadi lebih hemat kan?

  1. Bawa stok makanan kering

Stok makanan kering ini berguna banget buat dimakan di perpindahan lokasi wisata. Tak hanya itu, bagi teman-teman muslim juga bisa makan stok makanan ini bila memang gak yakin dengan kehalalan snack di Seoul. Si kecil juga bisa dijaga agar tidak rewel dengan stok makanan atau snack ini. Selain itu, bekal makanan kering ini juga bisa dijadikan lauk pauk makan malam kalo memang masih sisa banyak dan mendekati waktu pulang ke Indonesia.

  1. Siapkan notes

    Traveling ke Seoul
    Photo by Saveliy Bobov on Unsplash

Ketika ingin berkunjung untuk berwisata, alangkah baiknya travelmen udah menentukan lokasi mana aja yang mau dituju. Tentu akan membantu memudahkan pembuatan jadwal atau itinerary sekaligus memastikan jam operasional wisatanya. Kegunaan notes atau catatan ini adalah untuk membantu kalian ketika gak nemuin lokasi yang dituju. Jadi tuliskan alamat tempat wisata ataupun lokasi penginapan dalam tulisan hangul. Ini bakal berguna banget buat kalian ketika harus bertanya ke penduduk sekitar ataupun menggunakan taksi ketika di sana.

  1. Paling penting! Cetak kupon diskon

Siapa yang mau jalan-jalan dan dapet harga diskon? Buat dapetin kupon diskon ini, kalian bisa kunjungi situs Visit Korea Committee ataupun situs dari tempat wisata yang pengen kalian kunjungi. Selamat berburu kupon diskon ya!

  1. Bawa alat salat

Buat teman-teman yang berkewajiban untuk salat, ada kalanya kalian nanti gak bisa menemukan masjid atau ruang salat di beberapa tempat. Oleh karena itu, dengan membawa alat salat, misalnya sajadah lipat akan sangat membantu sekali.

  1. Perhatikan lokasi tukar uang

Jangan tukar uang kalian di bandara karena rate tukarnya kurang bagus. Travelmen bisa tukerin uang di Myeongdong yang menawarkan rate tukar lebih bagus ataupun lokasi lainnya. Syukur-syukur kalian udah on budget sehingga uang asing yang ada di dompet kalian sudah pas untuk perjalanan pulang.

  1. Boleh pakai kartu kredit, asal…

Kokosten punya prinsip, “jangan berhutang demi kenikmatan sesaat, apalagi yang konsumtif”. Kalau memang belum sanggup membeli, berarti level kalian belum disitu. Jadi jangan gunakan kartu kredit sebagai sarana berhutang ya. Kartu kredit boleh dipakai asal sebagai substitusi uang kertas. Kalau bawa uang kertas terlalu ribet, boleh kok pakai kartu kredit asal dipakai tepat waktu. Kartu kredit ini bisa dipakai ketika berbelanja atau makan di restoran.

  1. Belanja suvenir

Myeongdong Seoul - Korea
Photo by Cait Ellis on Unsplash

Banyak lokasi belanja suvenir ketika di Korea apalagi di Seoul, misalnya di Pasar Namdaemun, Myengdong, ataupun di Insadong. Lebih baik jangan belanja di bandara karena harganya sangat mahal.

  1. Bawa stroller lipat

Buat kalian yang bawa dede bayi, baiknya membawa stroller lipat yang ringan karena beberapa stasiun di Seoul gak punya lift. Beberapa diantaranya juga jaraknya cukup jauh. Jadi takutnya “gempor” alias pegel jadinya jadi mood jalan-jalan berkurang.

  1. Anti pegal

Seperti poin sebelumnya, bawa dede bayi bisa jadi membuat badan gempor. Travelmen yang jalan-jalan kesana kemari dan naik tangga juga buat pegel kan? Jadi persiapkan minyak kayu putih atau balsem andalan kalian ya biar tetap on fire!

  1. Siapkan kata-kata umum dalam bahasa Korea

Mempersiapkan kata-kata umum dalam bahasa Korea bakal membantu kalian ketika bertanya kepada warga sekitar. Berikut adalah kata umum yang biasa dipakai wisatawan untuk berkunjung ke Korea:

Naik Taksi

Ejusoro gajuseyo
Tolong antar saya ke alamat ini
(nama tempat) euro gajuseyo
Misal: Seoul yuk euro gajuseyo
Tolong antar saya ke (nama tempat)
Tolong antar saya ke Stasiun Seoul
Yuhgisuh naelyuh juseyo
Tolong turunkan saya disini
Jom duh gaseyo
Tolong jalan sedikit lagi
Juhgisuh nalyuh juseyo
Tolong turunkan saya di sana

 

Saat Belanja

Eolma yeyo?
Berapa harganya?
Deo isseoyo?
Ada lagi tidak barangnya?
Kadeu badeuhseyo?
Apakah bisa bayar pakai kartu kredit?
(nama barang) issuhyo?
Apakah Anda punya (nama barang)?
Jom-ggagga juseyo
Tolong beri diskon
Igo mwoyeyo?
Apa ini?

 

Kafe/Restoran

(nama menu) juseyo
Tolong beri saya (nama menu)
Hana juseyo
Tolong beri saya satu
Doogae juseyo
Tolong beri saya dua
Igo juseyo
Tolong beri saya ini
Jugo juseyo
Tolong beri saya itu
Jonen gogi rel mommogo yo
Saya tidak makan daging
Gogi rel nohjimase yo
Tolong jangan masukkan daging ke dalam masakannya
Hem el nohjimase yo
Tolong jangan masukkan ham ke dalam makanannya
Yache wa hesanmul yori rel mogelsu isso yo
Saya hanya bisa makan sayur dan seafood
Jo nen sul an masho yo
Saya tidak minum alkohol

 

Bahasa

Sillyehajiman, yeongeo haseyo?
Maaf, apakah Anda bisa berbicara bahasa Inggris?
Sillyehajiman, ilbuneo haseyo?
Maaf, apakah Anda berbicara bahasa Jepang?

 

Lainnya

Jihachulyuk uhdi issuhyo?
Di manakah stasiun kereta bawah tanah?
Hwajangsireun eodi itsseumnikka?
Di manakah toilet?
Dowajuseyo
Tolong saya

 

Nah, itu dia tips jalan-jalan bareng keluarge ke Korea, tepatnya ke Seoul. Info ini kokosten dapetin dari Buku Family Backpacking Seoul yang udah aku review sebelumnya. So, semoga liburan kalian menyenangkan ya! Tetap utamakan kesehatan dan jangan lupa bahagia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here