Wisata Jogja Anti Mainstream dan Murah, Sudah kesini?

0
366

Halo travelmen! Sekarang sudah musim liburan kan? Kalau kalian berencana untuk liburan ke Jogja, Koko Sten siap buat kasih rekomendasi daftar lokasi yang anti-mainstream loh! Seru banget pokoknya dan pastinya ramah di kantong. Mau tau kan? Yuk simak terus postingannya..

Kalau denger kata “Jogja”, kira-kira tempat wisata yang terpikir di benak kalian apa?
Malioboro, Keraton, Candi-candi gitu kan?

Nah, kali ini kita akan sedikit berbeda nih karena kita tidak akan mengunjungi wisata disana. Lantas akan kemana kita? Yap, kita akan mengunjungi daerah Jogja juga, tapi di Kulon Progo. Kulon Progo adalah sebuah kabupaten yang dekat dengan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Tenang, masih dalam cakupan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kok!

Untuk ke Kulon Progo, lebih enak kalau kita berangkat dari kota Yogya terlebih dahulu. Kalian bisa memilih akses transportasi darat maupun udara. Kalau kalian mau coba backpacker-an supaya murah, bisa coba moda transportasi Kereta Api. Biasanya terdapat 2 tempat pemberhentian yang dipakai, di stasiun Tugu Jogja atau stasiun Lempuyangan. Stasiun Lempuyangan normalnya dilewati oleh kereta api ekonomi, jadi bisa dikatakan murah buat backpacker. Aku berangkat dari Surabaya menuju Jogja menggunakan Kereta Api Logawa dan merogoh kocek sebesar Rp 70.000,00 rupiah sekali jalan.

Sesampainya di Stasiun Lempuyangan, alangkah enaknya kalau meletakkan barang dulu di penginapan. Oh ya! Jogja ini adalah salah satu destinasi tujuan wisata juga yang biasanya banyak backpacker kesini selain Bali. Jadi, untuk penginapan kalian bisa pilih mulai dari yang low budget sampai yang dananya sesuai buat kalian. Saranku kalau kalian mau ke tempat wisata dan hanya numpang tidur di penginapan, pilih yang murah-murah saja. Kecuali kalau kalian juga ingin nyaman dan menghabiskan waktu di penginapan.

Rekomendasi penginapan low budget ada di Jogja Backpacker Home dan Dorm room at Laura’s Backpacker 523. Harga perkamar nya biasanya mulai dari Rp 60.000,00 – Rp 90.000,00 permalam. Konsep dari penginapan ini adalah seperti dorm, jadi sekamar diisi rata-rata 6 orang. Model kasurnya adalah kasur tingkat. Buat kalian yang tertarik liat reviewnya, kokosten udah pernah review Laura’s Bacpacker loh! Yuk cek dulu videonya..

Oke, sudah sampai Jogja dan sudah sampai penginapan. Lantas apa yang perlu dilakukan? Kulon Progo ini letaknya sekitar 35 Kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Cukup jauh ya? Tenang, wisata disana akan membayar semua jerih payah itu kok. Percaya deh! Kalian bisa pilih opsi sewa mobil kalau rame-rame atau sewa motor nih kalau 1-2 orang. Harganya bervariasi. Tawarlah dengan baik tapi jangan sadis ya, harga sewa motor biasanya mulai dari Rp 70.000,00-Rp 80.000,00 per 24 jamnya. Apabila kalian berniat sewa motor cukup lama, potongan harga biasanya akan diberikan. Jogja masih ramah terhadap wisatawan kok, tenang.

Perjalanan menuju Kulon Progo bisa memakan waktu 1 sampai 1,5 jam. Jadi pastikan kalian cukup makan atau membawa jajan supaya tidak menghabiskan waktu di jalan terlalu lama. Namun apabila kalian mau sekalian kuliner di pinggir jalan menuju lokasi juga tidak masalah, loh. Kuliner yang akan kalian temui biasanya mie ayam, sate, gulai kambing, bakso, dan masih banyak yang lain. Harga makanannya bervariasi, biasanya mulai dari Rp 10.000,00 hingga Rp 25.000,00 per porsinya.

Setelah sampai di Kulon Progo, tempat wisata yang bisa kalian kunjungi adalah Goa Kiskendo. Goa ini ada di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Biasanya Goa ini dimanfaatkan untuk susur goa bagi yang hobi dan juga dulunya dipakai untuk pertapaan loh. Di dalamnya ada dua percabangan besar dan memiliki kisah menarik mengenai pewayangan. Di samping jalan masuk Goa terdapat relief yang menggambarkan kisah itu. Kerennya lagi, setiap tahunnya diadakan festival Sendratari Sugriwa Subali. Sendratari ini mengisahkan manusia setengah kera (Sugriwa dan Subali) yang bertarung menebutkan daerah Kiskendo. Subali ini kalah dan terkubur di tanah dan Sugriwa kembali ke langit. Subali nantinya keluar dari tanah dan terbentuklah Goa Kiskendo. Semakin kedalam ukuran lubang Goanya semakin kecil. Eitss, jangan bingung dulu. Kalian bisa kok menyewa jasa pemandu wisata Goa ini dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu juga bisa menemani kalian susur goa hingga ujung biar merasa aman dan nyaman. Harga tiket masuk Goa Kiskendo sebesar Rp 5.000,00. Sangat murah dibandingkan pengalaman yang didapatkan.

Kulon Progo juga dikenal memiliki banyak air terjun. Salah satu yang masih baru adalah Ekowisata Taman Sungai Mudal. Konsep wisatanya memang taman yang mengelilingi air terjun dan menjadi dekat dengan alam. Air terjun ini berasal dari mata air Mudal yang selalu mengairi walaupun di musim kemarau sekalipun. Tak ayal kalau sumber air ini dimanfaatkan untuk irigasi sawah dan konsumsi air bersih di warga sekitar. Tempat wisata ini cocok buat kalian para pecinta air apalagi ditambah dengan warna toska yang eksotis dari kolamnya. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 6.000,00/orang kalian bisa menikmati segarnya bermain air di ekowisata ini. Buat kalian yang tidak bisa berenang, pengelola ekowisata ini juga menyediakan penyewaan ban dan pelampung dengan harga terjangkau loh, tenang aja pokoknya. Fasilitas dari ekowisata ini juga sangat lengkap, ada mushola, gazebo untuk duduk, tempat makan, bahkan wifi gratis. Kalian langsung bisa update foto atau video di lokasi ekowisata tanpa takut tidak dapat sinyal. Inovatif banget ya!

Berikutnya adalah wisata yang gak jauh dari sana, mungkin sekitar setengah jam perjalanan kalian akan melihat Waduk Sermo. Waduk ini juga dimanfaatkan untuk sumber irigasi bahkan PDAM oleh masyarakat sekitar. Banyak warga sekitar yang menyewakan perahu untuk mengelilingi waduk ini. Di pinggir waduk juga sering ditemui warga sekitar yang sedang memancing dan bersantai. Kalau kalian sudah lapar, di pinggir jalan juga banyak yang menyediakan warung makan. Kali ini aku mau mencoba bakso mangkok sambil menikmati suasana Waduk Sermo, yummy!

Oh ya, menjelang sore hari waduk ini mulai ramai. Biasanya anak muda yang gemar fotografi atau yang ingin menikmati kejernihan waduk ini lebih dekat. Banyak orang juga memanfaatkan waduk ini sebagai bumi perkemahan, loh! Jadi cocok banget buat berkemah ditemani gemericik air dan angin yang sepoi-sepoi. Biasanya bumi perkemahan Waduk Sermo dimanfaatkan para pecinta alam, pramuka, maupun pelajar.

3 wisata dalam 1 hari sepertinya cukup banyak ya, masih kurang? Kalau kalian tertarik bisa datang lebih pagi lagi menuju Wisata Alam Kalibiru. Wisata alam ini tidak jauh dari Waduk Sermo yaitu kira-kira 4 Km. Banyak spot foto menarik yang bisa kalian jadi memori indah kalian saat mengunjungi Kulon Progo apalagi kalau membawa pasangan dan keluarga. Di lokasi ini banyak spot foto yang menarik, kalian bisa pilih dan tersedia fotografer yang siap memotret travelmen semuanya! Biayanya cukup murah kok, apalagi foto yang dihasilkan juga gak kalah bagus dengan fotografer profesional lain. Percaya deh!

Oke, jadi kita rekap dulu pengeluaran wisata di Kulon Progo, Jogja ini. Berhubung aku sendiri, aku lebih pilih sewa motor karena lebih efektif dan efisien.

Pengeluaran
Nominal
Kereta Api Logawa PP
Rp 140.000,00
Sewa Motor 1 hari
Rp   80.000,00
Penginapan 1 hari
Rp   60.000,00
BBM
Rp   20.000,00
Makan pagi
Rp   10.000,00
HTM Goa Kiskendo + Parkir
Rp     7.000,00
HTM Taman Sungai Mudal + Parkir
Rp     8.000,00
HTM Waduk Sermo (dari luar area)
GRATIS
Makan Bakso Mangkok
Rp   13.000,00
Wisata Alam Kalibiru
Rp   10.000,00
Foto di Spot (dapat banyak foto)
Rp   30.000,00
TOTAL PENGELUARAN
Rp 378.000,00

Pengeluaran diatas akan lebih hemat kalau kalian berdua bersama teman kalian mengunjungi Kulon Progo. Kalian bisa mengunjungi 4 wisata keren ini dengan budget dibawah dua ratus ribu rupiah. Mantap kan?

Gimana? Seru banget kan? Kalau mau tau tips traveling dan review tempat wisata lain, kalian bisa kok mampir ke forum Bukalapak.

Hah? Bukalapak? Bukannya bukalapak itu e-commerce jual beli ya?

Jangan salah nih, Bukalapak sudah semakin berevolusi loh. Kali ini ada Bukareview yang berisi review produk dan informasi terkini, salah satunya tentang review wisata. Selain itu kalian juga bisa lihat review lain seperti gadget, techno, kecantikan, fashion, makanan, otomotif, olahraga, hobi, informasi untuk ibu, dan masih banyak informasi bermanfaat lain.

Review wisata nya juga gak asal-asalan bahkan makin informatif setiap saatnya. Ada tentang akomodasi, atraksi, kuliner, budaya, destinasi wisata, sampai tips dan trik buat traveling kalian. Jadi, kalau kokosten kurang lengkap kasih informasi, cukup pergi ke Bukareview dan dapatkan manfaatnya.

Kenapa aku rekomendasiin Bukareview? Memang apa spesialnya?

  1. Bukareview ini bahasannya ringan, jadi cocok buat anak muda dan memang lagi bener-bener butuh informasi cepat dan akurat
  2. Aku takjub sama bagian travel infographicnya. Keren banget paduan info dan desainnya. Jadi terobosan baru biar langsung to the point!
  3. Informasi yang dipublish juga ga sembarangan kok. Pasti dijamin buat rasa ingin tahu paar travelmen sekalian terbayarkan!
  4. Pastinya website Bukareview ini ramah di paket data dan cepat page loadnya. Jadi pas dibutuhin kita gak perlu bad mood nunggu loading website yang lama kaya web lainnya.
  5. Pernah kemakan clickbait? Sudah ketemu judul yang pas, eh ternyata waktu buka artikelnya malah info yang dicari gak ada. Nah disini kalian gak bakal nemuin kaya gitu deh! Pokoknya the best user experience!

Misalnya kalau travelmen mau ke Jogja dan butuh informasi lebih lengkap, tinggal kunjungi Bukareview atau klik disini. Lalu ketik kata kunci “Jogja” di kotak pencarian, maka artikel dengan kata kunci terkait akan muncul. Selain itu juga ada infografis tips dan ide liburan yang desainnya keren dan informatif banget, kok. Ini dia contohnya..

Nah, itu dulu sekian wisata anti-mainstream yang ada di Jogja. Kalau kalian suka, jangan lupa bagiin artikel ini ke teman-teman kalian ya. Juga bagiin pengalaman kalian tentang wisata apa yang perlu dibahas berikutnya. Selamat liburan!! So, stay positive and keep traveling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here